Elva, Relationship Manager Funding Transaction (RMFT) BRI Branch Office Mulyosari dan Samuel, Owner Commen Grounds. Foto/Dok Pribadi

SURABAYA, iNFONews.ID - Di tengah tingginya pertumbuhan bisnis Retail yang kian melesat, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyajikan fitur Electronic Data Center (EDC). Alat ini dapat dijadikan pilihan utama bagi para pelaku usaha dalam melakukan transaksinya di era digital.

Baik itu dari sisi pedagang maupun pembeli. EDC sendiri merupakan alat pembayaran yang menghubungkan antar rekening bank.

Salah satu komponen dalam mesin EDC yaitu Graphical User Interface, yang mana berfungsi menginput data, memvalidasi data, dan membuat laporan dari analisis data yang telah diterima.

Sehingga konsumen tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak.Termasuk fitur pembayaran melalui kartu debit/kredit dan Qris mempermudah pelanggan melakukan transaksi cashless.

Kehadiran EDC Bank BRI sendiri mulai banyak diminati masyarakat dalam melakukan pembayaran diberbagai merchant termasuk di wilayah kerja Bank BRI Surabaya dan supervisinya.

Surabaya sendiri merupakan kota terbesar di Provinsi Jawa Timur yang tengah berkembang pesat. Salah satunya ditandai dengan perkembangan ekonomi yang kian tumbuh, maraknya toko-toko retail yang kian ramai. Baik itu bisnis makanan, minuman, fashion, elektronik, hiburan dll.

Hal itu seperti dialami salah seorang pengusaha di Surabaya yang memiliki Bisnis restaurant bernama Common Grounds yang berlokasi di Jl. Raya Golf Graha Famili Bundaran Blok I Surabaya. Di mana para pengusaha mulai beradaptasi dengan tren keuangan non tunai.

Penggunaan EDC dan QRIS ini dapat dijadikan pilihan utama bagi para pelaku usaha dalam melakukan transaksinya di era digital. Baik itu dari sisi pedagang maupun pembeli. EDC sendiri merupakan alat pembayaran yang menghubungkan antar rekening bank.

Salah satu komponen dalam mesin EDC yaitu Graphical User Interface, yang mana berfungsi menginput data, memvalidasi data, dan membuat laporan dari analisis data yang telah diterima.

Sehingga konsumen tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak.Termasuk fitur pembayaran melalui kartu debit/kredit dan Qris mempermudah pelanggan melakukan transaksi cashless.

Pada awalnya, para pelanggan Common Grounds selalu menggunakan uang tunai. Namun setelah semakin lama, pemilik merchant tersebut menyebutkan bahwa banyak pelanggan yang ingin membayar secara transfer atau menggunakan QRIS.

Sejak saat itu pola transaksi di tokonya mengalami perubahan signifikan. Tidak hanya terpaku pada uang tunai, namun juga para pelanggan dapat membayar secara digital.

Pimpinan BRI Branch Office Mulyosari, Mukhamad Lidi Purnawan, menjelaskan bahwa pembayaran melalui EDC BRI tak hanya memudahkan nasabah dan merchant, namun juga dapat meningkatkan semangat para merchant dalam meningkatkan volume transaksinya.

"Keuntungan yang didapatkan pembeli menggunakan alat ini berupa transaksi yang aman, tanpa perlu membawa uang tunai, menghindari uang kembalian palsu serta mendapatkan program reward berupa potongan harga dari Bank BRI," terangnya, Kamis (02/5/2024).

Sedangkan bagi merchant, EDC Bank BRI dapat membantu menghindari uang palsu, menghilangkan kebutuhan untuk menyediakan kembalian tunai, membantu menyediakan rekapan penjulanan, serta memberikan kemudahan dan keamanan bisnis.

Penggunaan mesin EDC sebagai alat transaksi memberikan kepercayaan lebih bagi masyarakat dalam menggunakan layanan perbankan digital karena bukti transkasi dapat dimiliki baik oleh penjual maupun pembeli, sehingga dinilai lebih aman.

Pihaknya berharap, dengan semakin banyaknya merchant yang menggunakan layanan EDC Bank BRI, akan tercipta lingkungan transaksi cashless yang lebih efisien dan terkelola dengan baik sehingga akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Surabaya.

Perkembangan transaksi cashless ini sejalan dengan trend global, di mana teknologi perbankan digital semakin menjadi pilihan utama dalam melakukan transaksi keuangan.

"Dengan adanya dukungan dari Bank BRI serta semangat para pelaku usaha, diharapkan Majalengka dapat menjadi contoh keberhasilan dalam penerapan teknologi perbankan digital untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat," tandasnya..

 

 

Editor : Alim

Berita Terbaru