BRI Branch Office (BO) Kertajaya dukung Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) Tahun 2024 yang digelar oleh Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, di Kampung Kue, Surabaya, Jawa Timur. INPhoto/BRI

SURABAYA, iNFONews.ID - Bank Rakyat Indonesia Regional Office Surabaya melalui BRI Branch Office (BO) Kertajaya menyerahkan bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) kepada paguyuban Kampung Kue.

Penyerahan bantuan diserahkan dalam kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) Tahun 2024 yang digelar oleh Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, di Kampung Kue, Surabaya, Jawa Timur. Bantuan Sarpras tersebut sebagai bentuk dukugan Gerakan Sinergi Reforma Agraria 2024.

Kegiatan GSRA 2024 yang digelar secara hybrid tersebut dihadiri seluruh Kanwil, Kantor Pertanahan (Kantah), dan Pemda di Indonesia.

Branch Manager BRI BO Surabaya Kertajaya, Bobby Bayu Nurzaman, mengatakan Gerakan Sinergi Reforma Agraria bertujuan untuk mewujudkan cita-cita reforma agraria dalam upaya mengurangi ketimpangan pemilikan tanah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Guna mendukung suksesnya program GSRA 2024, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kertajaya memberikan bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) kepada paguyuban Kampung Kue.

"Dengan adanya bantuan sarana ini, kami berharap pelaku UMKM khususnya Kampung kue lebih berkembang dan maju, dan dikenal masyarakat luas," terangnya, Senin (29/4).

Bobby berharap, ke depan hubungan antara BPN dan BRI semakin erat, terutama dalam program pemberdayaan masyarakat.

"BRI akan terus berpartisipasi dalam program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian ATR BPN berkontribusi melaksanakan kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) dengan pihak manapun.

Secara Nasional, kegiatan ini mengangkat tema "Bersinergi Mewujudkan Cita-Cita Reforma Agraria Dalam Upaya Mengurangi Ketimpangan Pemilikan Tanah Serta Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Sedang bentuk kegiatan GSRA itu sendiri meliputi kegiatan penanaman komoditi pertanian, kehutanan, dan perkebunan, pendampingan pelatihan hasil olahan produk pertanian, perikanan, dan peternakan, pendampingan pelatihan pengemasan produk UMKM.

Kemudian, pendampingan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sertifikasi label halal, pendampingan pendaftaran kelompok tani, serta kegiatan lain yang disesuaikan dengan potensi yang ada pada masing-masing daerah.

Selain itu, kegiatan GSRA 2024 juga memberikan informasi dan narasi yang lebih utuh mengenai Reforma Agraria yang telah dilaksanakan.

Sedangkan Kampung Kue yang berlokasi di Jalan Rungkut Lor Gang II, Surabaya adalah salah satu wisata kuliner di Surabaya yang masih eksis sejak awal berdiri tahun 2005. Hampir semua anggota komunitas Kampung Kue adalah nasabah BRI.

Editor : Alim

Berita Terbaru