Duta Genre Surabaya 2023, Aufaarelia mendampingi anak-anak saat belajar cara mengemas takjil di Gedung Serba Guna RW 03, Ketintang. IN/PHOTO : Patrik Cahyo Lumintu

SURABAYA, iNFONews.ID - Karang Taruna RW 03 Ketintang membuat gebrakan pada momen Ramadan. Tahun ini, Karang Taruna berkerjasama dengan Remaja Masjid Al Hidayah membagikan 300 paket takjil.

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial selama bulan Ramadan tersebut dilaksanakan di Central Park A Yani Regency, tepat di jalan Jetis Seraten, Surabaya, pada Minggu (24/3/2024) ratusan takjil langsung ludes dalam sekejab.

Ketua Panita Pondok Ramadan, Muhammad Zen Attamimi bersyukur atas terselenggaranya acara lagi, dengan berbagai rangkaian kegiatan yang diadakan.

"Pondok Ramadan sudah diselenggarakan ke dua kalinya, diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya tauziah Ramadan bahagia, Belajar cara mengemas takjil, edukasi bersama, berbagi takjil, Berbuka puasa dan ditutup dengan Sholat jamaah,"ucap Zen.

Setidaknya ada 90 anak yang turut serta dalam acara ini. Mereka rata-rata sangat antusias belajar cara mengemas takjil didampingi oleh Duta Genre Surabaya 2023 di Gedung Serba Guna RW 03, Ketintang.

Paket takjil yang dibagikan isinya dalam kemasan plastik yang berisi 1 roti, salad dan air minum. Menariknya, berbagi takjil bukan dari karang taruna melainkan yang membagikan anak-anak.

"Tujuannya memberikan edukasi anak-anak untuk berbagi sejak dini, karena bersedekah itu bukan tentang harta yang melimpah, tapi dimulai dari hal kecil,"tuturnya.

Ia menambahkan harapannya Karang Taruna RW 03 Ketintang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya kampung Ketintang Baru, serta menghidupkan kegiatan-kegiatan di masjid maupun kampung.

"Dengan memberikan manfaat positif bisa mulai dari sekarang, kita sebagai generasi milenial sudah siap menjadi penerus di era 2045 nanti,"ucapnya.

Dalam kesempatan ini hadir juga, duta karang taruna kota Surabaya, perwakilan pihak Kelurahan Ketintang dan pihak Kecamatan Gayungan

Ketua Remaja Masjid, Bagastyayoga Fiskal Anugraha mengatakan bahwa kegiatan tauziah Ramadan di acara Pondok Ramadan dengan mengenalkan ajaran Islam mulai dini.
"Momen Ramadan ini, kita memberikan kajian bersama anak-anak, terkait dengan syarat puasa, maupun perilaku selama puasa. Intinya memperkenalkan agama Islam supaya menjadi bekal kedepannya,"katanya.

Selain itu, juga mengajarkan berbagi kepada sesama, sekaligus ngabuburit yang positif, dan menghindari kegiatan yang kurang terarah misalnya main bola.

Sementara itu, Duta Genre Surabaya 2023 menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan Pondok Ramadan yang dikemas secara menarik.

"Pondok Ramadan ini keren, bisa menjadi sarana meningkatkan ibadah dan memperbanyak sedekah di Bulan Suci Ramadan, sekaligus memberikan edukasi dengan melibatkan anak-anak ikut serta bagi takjil di jalan,"tutup Aufaarelia Erdhinatasya Putri.

 

Reporter : Patrik Cahyo Lumintu

Editor : Alim

Berita Terbaru