Sejumlah wilayah di Semarang terendam banjir beberapa hari ini. IN/PHOTO :

SURABAYA, iNFONews.ID - Prediksi cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang diproyeksikan akan berlangsung terus di Kota Semarang dan sekitarnya. Sejumlah wilayah di Semarang terendam banjir beberapa hari ini.

Dihimpun dari beberapa sumber, kondisi cuaca yang ekstrem tersebut diperkirakan akan berlanjut selama 2 hingga 3 hari mendatang.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo mengatakan, cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini disebabkan karena beberapa akumulasi fenomena atmosfer.

"Selain itu, munculnya 2 bibit siklon tropis di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa dan di Teluk Carpentaria yang secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin terutama di sepanjang utara Jawa (Jawa Tengah)," jelas dia.

Berdasarkan fenomena yang diamati, pihak berwenang mempredeksikan bahwa cuaca ekstrem masih akan berlanjut di Jawa Tengah selama 2 hingga 3 hari ke depan, yakni pada tanggal 16-17 Maret 2024.

Oleh karena itu, masyarakat diminta terus memeriksa keadaan cuaca ke depan melalui informasi BMKG yang bisa diakses melalui online.

Perlu diketahui sebelumnya, cuaca ekstrem yang melanda Kota Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (13/3/2024) mengakibatkan banjir di berbagai wilayah. Akibatnya lalu lintas tersendat, bahkan jadwal kereta terganggu.

 

Reporter : Patrik Cahyo Lumintu

Editor : Alim

Berita Terbaru