KM Sinabung milik PT PELNI (Persero) dalam proses pemeliharaan dan perbaikan di PT PAL Indonesia. INPhoto/PT PAL

SURABAYA, iNFONews.ID – Menyambut bulan Ramadhan 2024, aktivitas keluar-masuk kapal di area fasilitas dock PT PAL mengalami peningkatan signifikan. Hal ini menunjukkan adanya eskalasi kinerja bisnis, khususnya pada lini pemeliharaan dan perbaikan kapal penumpang.

“Kami terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik agar kapal-kapal penumpang siap menghadapi musim mudik Lebaran 2024. Dengan semangat yang tinggi dan dukungan tim yang solid, kami pastikan bahwa setiap kapal yang kami tangani akan kembali dalam kondisi optimal dan memenuhi kualitas yang ditetapkan,” kata Abdul Honi, Kepala Divisi Pemeliharaan dan Perbaikan.

Beberapa kapal penumpang milik perusahaan penyedia jasa transportasi jalur perairan seperti PT PELNI (Persero) dan PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) mempercayakan pemeliharaan dan perbaikannya kepada PT PAL Indonesia.

Di tengah ibadah puasa yang sedang dijalankan, karyawan PT PAL tetap berdedikasi untuk segera merampungkan pemeliharaan dan perbaikan dalam waktu yang terbilang singkat agar kapal dapat kembali bertugas melayani mudik lebaran 2024 mendatang.

KM Sinabung merupakan salah satu dari sederet kapal penumpang milik PT PELNI (Persero)yang tengah melakukan pemeliharaan dan perbaikan di PT PAL Indonesia, adapun lingkup pekerjaan meliputi pengecatan ulang platform, perawatan geladak, dan perawatan komponen vital pendorong kapal.

Selain KM Sinabung milik PT PELNI (Persero), ada juga KM Mutiara Persada III milik PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP).

Kapal berjenis Ro-Ro yang memiliki rute pelayaran Surabaya-Lampung ini juga sedang melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan di PT PAL untuk mengembalikan performa serta tampilan kapal agar lebih prima dan elegan, sehingga rasa aman dan nyaman dapat dirasakan oleh penumpang.

Seluruh rangkaian perawatan dan perbaikan kapal-kapal yang dilakukan oleh PT PAL mengikuti regulasi pemerintah dan klasifikasi yang berlaku.

Juga tetap mengedepankan metode penggunaan material dan consumable produksi ramah lingkungan, seperti metode vapor blasting sesuai dengan standar pemerintah, yang telah berlangsung lama di PT PAL.

Lasma Rosida, Kepala Departemen Dok Gali PT PAL Indonesia, optimis bahwa meskipun target waktu pengerjaan maintenance singkat, PT PAL dapat menyelesaikannya tepat waktu.

"Meski padatnya jadwal perbaikan dan antrean kapal, kita akan terus berupaya agar maintenance dapat diselesaikan tepat waktu dan dengan kualitas yang terbaik," katanya.

Diketahui, PT PAL Indonesia merupakan perusahaan manufaktur bidang maritim terbesar di Indonesia.  PT PAL memiliki keunggulan bisnis pada kapabilitas rancang (desain) bangun kapal perang, kapal niaga, dan rekayasa umum (general engineering).

Selain itu, kami juga terbilang andal dalam pemeliharaan & perbaikan (harkan) serta overhaul produk-produk maritim baik kapal perang, kapal selam, kapal niaga, serta general engineering produk energi dan elektrifikasi.

Editor : Alim

Berita Terbaru