Prajurit dan PNS Kodim Gresik dapat Penyuluhan Bahaya Virus Corona

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan (foto: ist)

Infonews.id | Gresik - Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodim 0817/Gresik menerima Sosialisasi Penyuluhan Kesehatan tentang “Mengenal Corona Virus Disease-19 (COVID-19)” di Aula Makodim 0817/Gresik, Senin (17/2/2020).

Kegiatan Sosialisasi Penyuluhan Kesehatan diselenggarakan oleh Satuan Kesehatan Poskesmil 05.10.11 Gresik bekerja sama dengan Kodim 0817/Gresik. 

Materi Penyuluhan Kesehatan Denkesyah 05.04.04 Surabaya yang dilaksanakan oleh Poskesmil 05.10.11 Gresik merupakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan (Promotif) Triwulan I TA. 2020  disampaikan oleh narasumber dr. Imama Khalis Arifah. dr. Imama Khalis Arifah.

"Virus Corona adalah jenis virus baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di China dan ke beberapa negara," kata dr Imama Khalis.

"Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)," ucapnya.

Ditambahkan, untuk mencegah Virus Corona tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, terutama bila beraktivitas di tempat umum, rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol setelah beraktivitas di luar ruangan.

Oleh karena itu, perlu memastikan untuk memasak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi, tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin.

Selanjutnya, buang tisu ke tempat sampah, jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.

“Hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit dan jaga kebersihan benda yang sering disentuh serta kebersihan lingkungan,” katanya.

Hadir dalam kegiatan ini, Pasipersdim 0817/Gresik Kapten Inf. H. Nawardi, S.Pd.I, Dokter dari Poskesmil 05.10.11 Gresik dr. Imama Khalis Arifah, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodim 0817/Gresik.(Pendim 0817).

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait