World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali yang berlangsung pada tanggal 18-25 Mei 2024. IN/PHOTO : Patrik Cahyo Lumintu

BALI, iNFONews.ID - Sudah tahu belum? kalau gelaran World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali yang berlangsung pada tanggal 18-25 Mei 2024 akan mengangkat 6 subtema.

Dilansirkan melalui website resmi Kementerian PUPR, untuk mempromosikan kolaborasi lintas sektor dan lintas batas dalam mencapai tujuan air yang berkelanjutan, akan membahas mengenai tantangan dan peluang dalam pengelolaan sumber daya air global diantaranya : 

1.Ketahanan dan Kesejahteraan Air
Membahas pengaruh kuantitas dan kualitas air, salah satunya akibat perubahan iklim terhadap ketahanan pangan, energi, serta ketersediaan air bersih dan sanitasi

2. Air untuk Manusia dan Alam
Membahas pengaruh kerusakan ekosistem air terhadap keanekaragaman hayati perairan, serta penghidupan dan kesejahteraan manusia.

3. Pengaruh dan Manajemen Resiko Bencana
Peningkatan ketahanan infrastruktur air sebagai akibat perubahan iklim yang berdampak secara langsung kepada masyarakat, seperti bencana alam banjir, kekeringan, gelombang panas, dan badai berserta mitigasi permasalahan air.

4. Tata Kelola, Kerja Sama, dan Diplomasi Air
Hubungan international yang inklusif lintas batas untuk mengatasi meningkatnya persaingan akses terhadap sumber daya air, serta meningkatkan pengertian antarpemangku kepentingan untuk pemanfaatan air yang adil dan wajar.

5. Pembiayaan Air Berkelanjutan
Pembiayaan air yang lebih inovatif, fleksibel, berkelanjutan dan efisien untuk mengatasi berbagai permasalahan air (pasokan air dan sanitasi, paparan terhadap penyakit yang menular melalui air) dan potensi risiko bencana hidrometeologi.

6. Pengetahuan dan Inovasi
Perkembangan pengetahuan dan inovasi teknologi dalam pengelolaan air, mengintegrasikan kearifan lokal, serta upaya transfer pengetahuan untuk membantu mengatasi tantangan pengelolaan air yang semakin kompleks.

 

Reporter : Patrik Cahyo Lumintu 

 

Editor : Alim

Berita Terbaru