Bulan Ramadhan penuh berkah. Bulan suci ini menjadi bulan yang spesial bagi umat Islam. INPhoto/ALI

SURABAYA, iNFONews.ID - Bulan Ramadhan penuh berkah. Bulan suci ini menjadi bulan yang spesial bagi umat Islam.

Pada momen banyak umat Islam memperbanyak ibadah sunnah. Salah satu anjuran pada bulan Ramadhan adalah mandi sunnah pada setiap malam di bulan suci Ramadhan.

Dilansir dari NU Online yang berujudul 'Sunnah Mandi Setiap Malam Ramadhan', Begini Ketentuan dan Niatnya, dasar anjuran mandi sunnah di bulan Ramadhan adalah penjelasan Syekh Ibrahim al-Bajuri dalam kitabnya, Hasyiyah al-Bajuri (1/81) berikut:


...

Artinya, “Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,... dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.”

Paparan al-Bajuri di atas menjelaskan bahwa ada banyak sekali mandi-mandi yang disunnahkan di dalam Islam, seperti mandi untuk menghadiri shalat Jumat, mandi untuk menghadiri shalat ‘ied, mandi bagi orang yang memandikan jenazah, mandi untuk shalat gerhana, dan lain-lain.

Meski menurut Imam al-Adzra’i berpendapat bahwa yang dimaksud malam Ramadhan hanya bagi orang yang siangnya hendak melaksanakan shalat Jumat (malam Jumat), tetapi pendapat yang lebih kuat adalah berlaku bagi setiap malam, tidak terbatas pada malam Jumat).

Adapun niat mandi mau puasa adalah sebagai berikut:

Nawaitu adâ’al ghuslil masnûni lî fî hadzihil lailatil min romadh lillâhi ta’âlâ.

Artinya, “Aku berniat menjalankan mandi yang disunnahkan kepadaku pada malam ini di bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala.”

 

 

 

Editor : Alim

Berita Terbaru