Ilustrasi. Anda disarankan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum berbuka. IN/PHOTO : IStock/Pongtep

SURABAYA, iNFONews.ID - Bulan Suci Ramadan merupakan bulan yang penuh keberkahan. Umat Islam diwajibkan menahan hawa lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Menahan tidak minum sepanjang hari menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan dan mengakibatkan dehidrasi. Untuk itu, penting bagi kita menjaga keseimbangan cairan tubuh selama Ramadan.

Mengutip laman resmi ayosehat.kemenkes, metode paling efektif mencegah dehidrasi dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Strategi memenuhi cairan tubuh selama puasa dengan coba menerapkan pala 2-4-2, yaitu :

2 Gelas Air Putih saat Berbuka

Minum air putih saat berbuka puasa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang setelah seharian beraktivitas.Biasakan untuk berbuka puasa dengan air putih baru dilanjutkan dengan makanan lainnya.

Saat berbuka puasa, pastikan untuk minum sedikitnya dua gelas air putih sesuai dengan kebutuhan. Satu gelas saat adzan Maghrib dan satu gelas menjelang azan Isya.

4 Gelas Air Putih saat Makan Malam

Disarankan minum air putih secara berkala saat malam hari hingga menjelang tidur. Minum 4 gelas air putih pada malam hari.

Dengan pembagian dua gelas air putih saat makan, dan dua gelas air putih menjelang tidur. Minum air putih sebelum makan dan sesudah makan bisa membantu melancarkan proses pencernaan makanan.

2 Gelas Air Putih saat Sahur

Kemudian dini hari saat sahur sangat penting untuk memberi energi tubuh selama puasa. Saat sahur setidaknya minum dua gelas air putih, bisa dibagi dengan satu gelas saat bangun tidur dan satu gelas setelah makan sahur.

Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan kita selama berpuasa, diharapkan tubuh dapat terhindar dari dehidrasi. Kita bisa menjalankan puasa dengan sehat dan semangat sepanjang hari.

 

Reporter : Patrik Cahyo Lumintu

Editor : Alim

Berita Terbaru