Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah secara resmi membuka Rapat Staf dan Komando (Rasko) Kodiklatal. INPhoto/Dispen

SURABAYA, iNFONews.ID - Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah secara resmi membuka Rapat Staf dan Komando (Rasko) Kodiklatal, di Gedung Moeljadi Kodiklatal, Bumimoro Surabaya, Senin (4/03/2024).

Rasko Kodiklatal tersebut mengangkat tema, "Kodiklatal Siap Membangun Sumber Daya Manusia TNI Angkatan Laut yang Profesional dan Tangguh untuk Indonesia Maju".

Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menjelaskan, tema tersebut memiliki makna yang sangat penting dan strategis, yakni sebagai wahana komunikasi dua arah antara Komandan Kodiklatal dengan para Direktur, Kasatker dan Komandan Komando Pelaksana Kodiklatal beserta jajarannya.

"Tentunya untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan dan permasalahan yang dihadapi selama Tahun 2023," tegasnya.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti hasil Rapim Kemhan, Rapim TNI-Polri, Rapim TNI dan Rapim TNI Angkatan Laut Tahun 2024, untuk melaksanakan berbagai kebijakan yang telah ditetapkan Presiden, Menteri Pertahanan, Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut, guna dipedomani oleh Jajaran Kodiklatal dalam perencanaan berbagai program kegiatan sesuai arah pembangunan TNI Angkatan Laut.

Diikuti 135 peserta Rasko Kodiklatal, Dankodiklatal juga menyampaikan pokok-pokok kebijakan antara lain.

Di antaranya agar seluruh jajaran melaksanakan fungsi pengawasan dan pemeriksaan dengan maksimal, melaksanakan manajemen pendidikan dengan memperhatikan kemajuan IPTEK, dan tantangan tugas dan kondisi peserta didik.

Kemudian melaksanakan penataan, penyusunan dan penajaman serta penyempurnaan konsep doktrin dan petunjuk TNI Angkatan Laut perkembangan Lingstra dan IPTEK.

Selain itu juga merancang latihan (internal dan eksternal) secara komprehensif kemampuan personel TNI AL (Well Trained), serta mengoptimalkan pengkajian pengembangan pendidikan dengan memperhatikan evaluasi dan perkembangan IPTEK saat ini.

Selanjutnya melaksanakan penataan personel pengawak organisasi agar mampu melaksanakan giat pendidikan dan latihan secara maksimal, melaksanakan penataan bekal sesuai kebutuhan serta prioritas pengadaan barang dan jasa, dan mningkatkan kegiatan intelijen dengan memanfaatkan modernisasi peralatan/matsus serta sistem informasi intelijen, tingkatkan pengamanan dan kerja sama intelijen.

Mengoptimalkan fungsi Tenaga Pendidik (Gadik) di Kodiklatal dengan memperhatikan peningkatan mutu Gadik, Gapendik dan Bingsis; Menjalankan agenda Reformasi Birokrasi secara bertahap dan tuntas serta berkesinambungan guna menyamakan Visi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Program Kerja Kodiklatal Tahun 2024.

Usai pelaksanaan paparan dari para peserta Rasko dan pembahasan permasalahan, Komandan Kodiklatal menutup pelaksanaan Rasko Kodiklatal Tahun 2024 dengan harapan apa yang menjadi pokok-pokok kebijakan yang telah disampaikan mendapat dukungan dan implementasi yang optimal, serta apa yang menjadi arahan Dankodiklatal bisa di pahami dan dijadikan pedoman oleh seluruh staf di jajaran Kodiklatal.

Turut hadir diantaranya yakni, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono, Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar, Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Sarjito, para Direktur, para Dankodik, para Paban, para Danpuslat, para Danpusdik, Dansatdik 1,2,3,4, para Dansekolah, serta para Pejabat Kodiklatal lainnya.

Editor : Alim

Berita Terbaru