Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga pejabat penting di lingkungan Kodiklatal. INPhoto/Dinas Penerangan Kodiklatal.

SURABAYA, iNFONews.ID - Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah meresmikan Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga pejabat penting di lingkungan Kodiklatal.

Di antaranya, Komandan Detasemen Markas Komando (Dandenmako) Kodiklatal, Kepala Bagian Hukum (Kabagkum) Kodiklatal, dan Kepala Bagian Pengamanan (Kabagpam) Kodiklatal.

Serah Terima Jabatan dilakasanakan di Indoor Sport Kodiklatal, Bumimoro Surabaya, Jawa Timur, Rabu (20/3/2024).

Adapun Sertijab tersebut yakni jabatan Dandenmako Kodiklatal diserahterimakan dari Kolonel Marinir Pujiono kepada Letkol Marinir Moch. Chanan Asfihani, jabatan Kabagkum Kodiklatal diserahterimakan dari Letkol Laut (H/W) Anna Maria kepada Letkol Laut (H) Suhardiman, dan jabatan Kabagpam Kodiklatal diserahterimakan dari dari Letkol Laut (S) Iman Danu Pranoto kepada Letkol Marinir Jackson Roy P. Pauta.

Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menuturkan, pada dasarnya ketiga jabatan yang diserahterimakan ini merupakan jabatan yang penting.

"Karena sebagai unsur pelayanan yang berkedudukan langsung di bawah Komandan Kodiklatal, mempunyai tugas yang tidak ringan, bahkan merupakan ujung tombak pelayanan di dalam lingkungan Kodiklatal," tuturnya.

Menurutnya, di dalam kegiatan sehari-hari, Denma Mako Kodiklatal bertugas menyelenggarakan kegiatan dinas dalam, penegakan tata tertib disiplin, tertib hukum serta pengamanan personel, pembinaan fasilitas dan instalasi, perawatan personel, dukungan materiel, dukungan perbekalan, dukungan umum dan dukungan latihan.

Begitu juga Kabagkum, bertugas menyelenggarakan pembinaan kesadaran hukum, penegakan hukum, bantuan hukum serta memberikan saran-saran kepada Dankodiklatal dalam mengambil kebijaksanaan yang berkaitan dengan bidang hukum, baik hukum pidana maupun hukum perdata.

Sedangkan Kabagpam bertugas menyelenggarakan kegiatan penyelidikan dan pengamanan yang meliputi pengamanan personel, materiel, dokumen dan penerangan, pengamanan markas, VIP/VVIP, pengamanan kegiatan dan latihan, serta menyediakan bahan informasi kepada Dankodiklatal.

Nur Alamsyah mengeaskahn bahwa serah terima jabatan merupakan salah satu bagian penting dari pembinaan personel yaitu peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan.

Namun lebih dari itu, juga diarahkan untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif dan responsif terhadap dinamika lingkungan dan tantangan tugas di masa mendatang.

"Sehingga diharapkan dapat membawa semangat baru dan penyegaran pemikiran yang disandarkan kepada para pengganti dalam menghadapi tugas yang semakin dinamis dan kompleks,” tegasnya.

Editor : Alim

Berita Terbaru