Pemulihan kerusakan di laut melalui transplantasi 150 terumbu karang sebagai awal tempat berlindungnya ekosistem laut. INPhoto/Uniqlo

INFONews.id I Denpasar - Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, perusahaan ritel global asal Jepang, UNIQLO, berkolaborasi dengan Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Bali (PPLH Bali), melakukan aksi bersama menyelamatkan laut selama dua hari pada 24-25 Juni 2023.

Lebih dari 100 peserta yang terdiri dari masyarakat dan komunitas di Bali berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan yang melibatkan sektor hulu ke hilir, yang meliputi edukasi pencegahan sampah plastik dari kota hingga kegiatan bersih pantai dan penanaman bibit terumbu karang.

Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia menuturkan, laut merupakan sumber daya alam yang sangat penting dan sumber penghidupan yang perlu dijaga kelestariannya. Pihaknaya menyadari bahwa upaya pelestarian laut untuk menciptakan lingkungan yang nyaman membutuhkan kerja sama yang baik dari berbagai pihak mulai dari pencegahan hingga penanggulangan masalah laut.

"Oleh karena itu, sebagai perusahaan global yang berkomitmen untuk membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik, UNIQLO melakukan aksi nyata untuk mengurangi sampah laut dengan melibatkan masyarakat. Kami berharap inisiatif ini dapat berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar untuk bumi yang lebih baik," ujarnya.

Kegiatan yang bertema "Take Action from the City to the Sea" ini merupakan implementasi dari kampanye global JOIN: THE POWER OF CLOTHING untuk berkontribusi terhadap lingkungan, yang mana saat ini salah satu fokus utamanya adalah pengurangan sampah di laut, serta komitmen UNIQLO untuk mendukung upaya bersama antara pemerintah, swasta, komunitas dan lembaga swadaya masyarakat dalam mengurangi sampah di laut.

Kegiatan ini dimulai dengan edukasi bersama Rare Beten Tiying, sebuah komunitas anak-anak peduli lingkungan hidup yang diberdayakan oleh PPLH Bali dan berada di sekitar toko UNIQLO Living World Denpasar untuk mensosialisasikan program "Ban the Big 5" yang merupakan program edukasi yang melibatkan pelajar dan komunitas untuk mengurangi penggunaan sekali pakai dari 5 jenis sampah plastik (kantong, sedotan, styrofoam, sachet, dan microbeads).

Selain itu, UNIQLO juga mengajak masyarakat untuk belajar mengolah sampah organik dengan menyediakan tong komposter yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya berkelanjutan untuk mengurangi sampah ke laut.

Tidak hanya meningkatkan kesadaran masyarakat di kota untuk mencegah kerusakan lingkungan yang lebih luas, UNIQLO juga melanjutkan aksinya untuk membersihkan sampah di sekitar Pantai Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali bersama Komunitas Anak Rare Segara, komunitas anak-anak peduli lingkungan hidup yang diberdayakan oleh PPLH Bali di Tulamben.
Kegiatan bersih-bersih pantai yang juga berkolaborasi dengan Jaladharma Diving Club (JDC) Bali ini dilanjutkan dengan kegiatan Waste Analysis Brand Audit (WABA) yakni memilah sampah yang terkumpul sesuai dengan jenisnya, menyediakan tempat pilah sampah untuk memudahkan pengunjung pantai membuang sampah dengan benar yang dilanjutkan dengan memulihkan kerusakan di laut melalui transplantasi 150 terumbu karang sebagai awal tempat berlindungnya ekosistem laut.

Kegiatan ini sejalan dengan 2 pilar keberlanjutan utama UNIQLO: pilar Planet sebagai inisiatif untuk membantu dan menjaga keutuhan dan keberlanjutan lautan demi bumi yang lebih baik dan pilar Society dengan komitmen untuk berkontribusi pada masyarakat sekitar agar dapat tumbuh bersama dalam lingkungan yang nyaman.

Tentang Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Bali

Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Bali adalah Yayasan pengembangan dari PPLH Seloliman yang berdiri sejak 1990 dengan misi mewujudkan masyarakat sejahtera dengan pengelolaan lingkungan yang arif dan berkelanjutan.

Kegiatan yang dilakukan adalah meningkatkan kapasitas masyarakat, mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan database, melakukan praktik nyata pendidikan dan pendampingan masyarakat, meningkatkan usaha ekonomi serta menjalin kerjasama dengan berbagai lapisan masyarakat.

Tentang UNIQLO LifeWear

Busana yang berasal dari nilai Jepang yang menghargai kesederhanaan, kualitas, dan ketahanan. Didesain untuk selalu sesuai dari waktu ke waktu, LifeWear dibuat dengan keanggunan modern yang menjadi dasar gaya setiap individu. Sebuah kemeja yang sempurna yang selalu dibuat lebih sempurna.

Desain paling sederhana menyembunyikan detail paling bijaksana dan modern. Bahan dan potongan dengan fit terbaik dibuat agar dapat diakses oleh semua orang dengan harga terjangkau. LifeWear adalah pakaian yang terus berinovasi, menghadirkan lebih banyak kehangatan, lebih ringan, desain yang lebih baik, dan kenyamanan yang lebih baik untuk kehidupan manusia.

Tentang UNIQLO and Fast Retailing

UNIQLO adalah merek dari Fast Retailing Co., Ltd., perusahaan induk ritel Jepang terkemuka dengan kantor yang berpusat di Tokyo, Jepang. UNIQLO merupakan merek terbesar dari delapan merek di Fast Retailing Group, seperti GU, Theory, PLST, Comptoir des Cotonniers, Princesse tam.tam, J Brand dan Helmut Lang.

Dengan nilai penjualan global sekitar 2,3 Triliun yen untuk tahun 2022 terakhir, pada 31 Agustus 2022 (US $16,6 miliar, dihitung dengan kurs pada akhir Agustus 2022 sebesar 1 Dollar = 138,7 Yen), Fast Retailing merupakan salah satu ritel perusahaan pakaian terbesar di dunia , dan UNIQLO adalah peritel khusus terkemuka di Jepang.

UNIQLO terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi terpenting di dunia, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperkuat statusnya sebagai merek global. Saat ini perusahaan memiliki total lebih dari 2.400 toko di seluruh dunia, termasuk Jepang, Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Dengan pernyataan perusahaan yang berkomitmen untuk mengganti pakaian, mengubah kebijaksanaan konvensional, dan mengubah dunia, Fast Retailing berdedikasi untuk menciptakan pakaian hebat dengan nilai baru dan unik untuk memperkaya kehidupan orang di mana pun.

Editor : Alim Kusuma

Berita Terbaru