Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) Untag Surabaya dengan University of Salzburg Austria. INPhoto/Humas Untag Surabaya

SURABAYA, iNFONews.ID - Universitas 17 Agustus 1945 atau Untag Surabaya menjalin kerjasama dengan Paris Lodron Universitat Salzburg (University of Salzburg), Austria. Kerjasama ini sebagai bagian dari internasionalisasi perguruan tinggi.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) diselenggarakan di Gedung R. Ing. Soekonjono lantai 6 Untag Surabaya pada Rabu (13/3/2024). Selain itu, ada juga kuliah tamu yang bertema “Digital Platform Power Play” yang dilaksanakan di tempat yang sama.

Kepala Bidang Kemitraan Luar Negeri Untag Surabaya, Amalia Nurul Muthmainnah, S.I.Kom., M.A mengatakan kerjasama ini merupakan rencana strategis Untag Surabaya sebagai bagian dari internasionalisasi.

“Penandatanganan MoU dan MoA dengan University of Salzburg merupakan bagian dari rencana strategis Untag Surabaya selama lima tahun ini untuk menjalin kerjasama internasional sebanyak mungkin,” katanya.

Melalui diskusi dengan pihak terkait, Amalia mengungkapkan bahwa ada beberapa kesepakatan yang telah disetujui. Dia bilang ada beberapa hal yang telah di diskusikan secara detail terkait teknis dan implementasi kerjasama di masa mendatang.

"Kami juga telah menyepakati beberapa hal seperti keterlibatan simposium internasional dengan Prodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya serta pertukaran mahasiswa antar kedua universitas,” ungkapnya.

Selain itu, Amalia juga berharap seluruh civitas akademika dapat berpartisipasi aktif dalam segala kegiatan internasional yang akan diselenggarakan oleh Untag Surabaya dengan mitra luar negerinya.

“Dengan adanya kerjasama ini, harapannya dapat meningkatkan eksposur internasional kepada mahasiswa dan dosen. Selain itu, hal ini juga diharapkan dapat memotivasi seluruh civitas akademika Untag Surabaya untuk aktif di kegiatan-kegiatan internasional di masa depan khususnya dengan University of Salzburg,” imbuhnya.

Sementara Kepala Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi University of Salzburg, Prof. Josef Stappel ingin kerjasama ini dapat menghasilkan sebuah penelitian yang membahas terkait human research.

“Saya ingin University of Salzburg dan Untag Surabaya dapat berkolaborasi dalam hal melakukan penelitian bersama dengan mencari topik umum terkait ilmu komunikasi seperti human research yang tampaknya dapat menjadi topik yang serupa antara Untag Surabaya dan University of Salzburg,” kata dia.

Tidak hanya itu, Prof. Joe juga berharap Untag Surabaya dan University of Salzburg dapat bertukar budaya melalui kolaborasi ini.

“Kolaborasi antara mahasiswa maupun dosen merupakan benefit yang menguntungkan. Maka dari itu, saya berharap kita dapat memperkaya kolaborasi ini dengan bertukar budaya secara lintas negara melalui pengalaman yang telah kita dapat,” tukasnya.

 

Editor : Alim

Berita Terbaru