Salah satu Bintara TNI Angkatan Laut bersujud di kaki ibunya usai prosesi upacara Pelantikan dan Penyumpahan Siswa, di Lapangan Candradimuka Puslatdiksarmil, Juanda Sidoarjo, Selasa (05/03/2024). INPhoto/Dispen Kodiklatal

SURABAYA, iNFONews.ID - Sebanyak 595 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI Angkatan Laut Angkatan 43/2 TA. 2023 resmi menyandang pangkat Sersan Dua (Serda).

Pangkat tersebut disandang usai prosesi upacara Pelantikan dan Penyumpahan Siswa, di Lapangan Candradimuka Puslatdiksarmil, Juanda Sidoarjo, Selasa (05/03/2024).

Usai dilantik, para prajurit muda itupun langsung menyapa sanak familinya. Bahkan sebagian ada yang bersujud di kaki ibunya.

Untuk mendapatkan pangkat Sersan, prajurit harus menyelesaaikan serangkaian pendidikan. Siswa tersebut telah menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan pendidikan dasar golongan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

Sehingga saat ini para Siswa dapat mengikuti upacara pelantikan sekaligus penyumpahan Bintara TNI Angkatan Laut dengan pangkat Sersan Dua (Serda).

Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan.

Kepada prajuritnya, Nur Alamsyah menekankan dan mengingatkan bahwa pola pikir, pola sikap dan pola tindak para siswa harus mencerminkan postur prajurit TNI Angkatan Laut.

"Semua perbuatan dan tingkah lakunya harus selalu dilandasi oleh jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut," tegasnya.

Dijelaskan Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, bahwa Kodiklatal sebagai bagian integral organisasi TNI Angkatan Laut memiliki peran strategis dalam mendukung terwujudnya kemampuan dan kekuatan Angkatan Laut yang profesional, modern serta tangguh guna mencapai kesiapan tempur dan kesiagaan operasi.

Oleh karena itu, prajurit matra laut hasil didik Kodiklatal haruslah profesional dan tangguh sebagai Patriot NKRI guna menjaga kedaulatan di laut.

Dankodiklatal juga mengatakan, sebagai rangkaian dari tahapan pendidikan yang harus diikuti, para Siswa akan melaksanakan pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di Kodikopsla, Kodikmar dan Kodikdukum selama 5 sampai dengan 7 bulan sesuai kejuruan masing-masing.

"Tentunya para Siswa harus lebih bersemangat untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi dengan menanamkan disiplin dan tekad yang kuat, untuk mengikuti Pendidikan Tahap Dasar Golongan Lanjutan yang tidak kalah pentingnya dengan pendidikan yang telah para Siswa selesaikan di Puslatdiksarmil Kodiklatal ini," pesannya.

Dalam kegiatan yang menampilkan demonstrasi olah raga bernama Chadrick Strength Conditioning (CSC), Kolone Senjata dan Bela Diri Militer, Dankodiklatal juga memberikan penghargaan kepada Siswa Bintara TNI AL Terbaik kepada Serda BAH Muhammad Sahdat Faisal Mandar dari Kompi C3-20, yang lahir di Ternate dan merupakan anak dari pasangan Bapak Faisal Mandar serta Ibu Nurdani Taher.

Turut hadir dalam pelantikan yaitu, Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar, Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Sarjito, para Direktur, para Dankodik, para Paban, para Danpusdik, Danpuslatdikasrmil, Danpuspeknubika, para Danseba jajaran Kodiklatal, serta para undangan lainnya.

Editor : Alim

Berita Terbaru