Sandiaga Uno siap bantu santri jadi enterpreuner (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Surabaya - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno disambut meriah diiringi ucapan "Bang Sandi Presiden" saat hadir sebagai pembicara Dialog Interaktif Enterpreuner Santri Ekonomi Kreatif bersama DPW PPP Jawa Timur di Surabaya, Selasa (25/10/2022).

Sebelumnya, di depan ratusan kader, Ketua DPW PPP Jatim, Nyai Mundjidah Wahab menyebut Sandiaga Salahuddin Uno atau Bang Sandi masuk radar penjaringan Capres 2024, usulan PPP Jatim. Mundjidah Wahab pun siap mengantar Bang Sandi sowan dan silaturahmi ke pondok pesantren di Jatim.

"Kita akan all out untuk menghantar, mendampingi beliau untuk silaturahim ke pesantren-pesantren, terutama pesantren yang berafiliasi PPP. Jadi kita semua DPC siap mengantar beliau ke pengasuh dan santri di Jawa Timur," kata Mundjidah.

Mundjidah menegaskan, masuk ke ponpes tidak hanya urusan politis, tetapi juga meningkatkan kreatifitas santri, dan merangsang agar berani menjadi santripreuner.

Putri pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Wahab Chasbullah ini menyebut Bang Sandi cocok maju sebagai Calon Presiden 2024. Sosoknya yang cerdas dan diidolakan millenial itu memang punya banyak program yang kreatif, dan dipastikan bisa mengantar para santri menjadi pengusaha atau enterpreneur sukses.

"(Bang Sandi) cocoklah jadi Capres 2024, cerdas dan sangat kreatif," tegas Mundjidah.

Sementara, mendapat dukungan riil, Sandiaga berterima kasih atas usulan dari kader PPP Jatim. Ia menghormati segala proses dinamika di internal masing-masing partai.

"Ya untuk Pilpres semua itu ada di domainnya parpol. Saya sebagai kader selalu mengutamakan fatsun politik bahwa Pilpres itu domain penentuan calon di parpol. Sementara, pilihan di rakyat," kata Sandiaga ujar dialog interaktif bersama kader PPP Jatim.

Sandiaga menambahkan, akan terus bekerja keras membangkitkan perekonomian khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Termasuk siap membantu dan mengantar sukses para santri. Dirinya pun siap memberikan pembekalan enterpreuner kepada para santri.

"Saya akan terus kerja memastikan kebangkitan ekonomi kita dan menghargai proses internal partai. Seperti di PPP, tentu usulan DPW PPP Jatim, dan melalui Bunda Nyai Mundjidah harus melalui DPP PPP dan sebagainya," jelasnya.

Dalam dialog tersebut Bang Sandi juga menegaskan bahwa santri di Jatim memiliki banyak potensi untuk menjadi pengusaha sukses.

"Dialog interaktif ini, saya melihat antusiasme yang luar biasa atas kebangkitan santri di Hari Santri ini. Seperti pesan dari Nyai Mundjidah, bahwa santri harus bisa mengembangkan usaha, terutama penciptaan lapangan kerja, yang jadi salah satu PR menghadapi potensi resesi di 2023 nanti," kata Sandiaga.

"Kami sangat yakin kekuatan santri, terutama di wilayah Jatim yang saya ditugaskan oleh Bu Nyai Mundjidah mengunjungi ponpes, akan kami wujudkan dalam beberapa bulan ke depan, mengantar santri untuk menjadi enterpreuner sukses," terangnya.

Sandiaga Uno menegaskan, komitmen dirinya untuk mengembangkan enterpreuner dan potensi perekonomian di kalangan santri dan ponpes.

"Saya ucapkan terima kasih atas undangan Bu Nyai Mundjidah Wahab untuk memberikan paparan tentang ekonomi kreatif di hari santri nasional, dan saya akan sowan ke Ponpes sesuai arahan Bu Nyai," tegasnya.

Di penghujung acara, Bang Sandi menunjukkan pesonanya, dengan runtut menjawab semua pertanyaan dari kader PPP dari berbagai kabupaten di Jatim. Selain itu juga melantunkan pantun yang disambut kalimat 'cakep' dan teriakan 'Bang Sandi Presiden'. Mengakhiri paparannya, Sandiaga Uno pun dengan sabar melayani foto selfi para kader, termasuk pimpinan partai.(inf/tji/red)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru