Khofifah: Bawa nama harum Bumi Majapahit

Kamabida Khofifah Lepas Kontingen Pramuka Jatim ke Jambore Nasional XI

Khofifah, Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Kwarda Pramuka Jawa Timur melepas kontingen Pramuka Jatim peserta Jamnas XI, di halaman Gedung Negara Grahadi (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Surabaya - Khofifah, Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Kwarda Pramuka Jawa Timur melepas kontingen Pramuka Jawa Timur peserta Jambore Nasional XI (Jamnas XI), prosesi itu digelar di halaman Gedung Negara Grahadi, Rabu (3/8/2022), sore.

Khofifah Indar Parawansa yang juga Gubernur Jatim memberikan pesan khusus. Dikatakan, proses mengikuti Jamnas adalah sesuatu yang berharga, kontingen Pramuka Jatim bisa saling mengenal satu sama lain antar peserta dari seluruh Indonesia.

Juga disampaikan agar peserta membawa nama baik dari Bumi Majapahit di ajang berkumpulnya anggota Pramuka se-Indonesia tersebut.

Ajang nasional bertemunya Pramuka se-Indonesia itu terjadwal di gelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jabar. Selama satu minggu mulai tanggal 14-21 Agustus 2022.

"Adalah kesempatan yang berharga bagi peserta yang mengikuti ajang nasional ini, untuk mengenali Indonesia sejatinya. Kontingen Pramuka asal Jawa Timur bisa saling temu kenali satu sama lain antar peserta dari seluruh Indonesia," kata Kakak Khofifah.

Pesan berikutnya, peserta Jambore dari Jatim mengedepankan misi kemanusiaan, persaudaraan, perdamaian, dan tolong menolong antar sesama.

"Bawalah harumnya nama Jawa Timur, bawalah harumnya Bumi Majapahit," ujar Kamabida Khofifah.

Disebutkan oleh Khofifah, Jamnas menjadi ajang temu kenal para anggota Pramuka dari seluruh Indonesia bahkan perwakilan dari berbagai negara.

"Bawalah pesan dari Bumi Majapahit ini untuk diperkenalkan, bahwa kita adalah Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa," ujarnya.

Disebutkan, resonansi dari Majapahit akan menjadi bagian dari penguat hadirnya Kontingen Pramuka asal Jawa Timur, di acara Jambore Nasional.

"Berikan yang terbaik untuk negeri ini, berikan yang terbaik bagi pengembangan Pandu di Indonesia," pesannya.

Dihadapan para peserta Penggalang, Pembina dan para Pendamping, dirinya juga mengungkapkan rasa bangganya. Olehnya disebut, sebagai anggota Pramuka harus merasa bangga untuk bisa mengikuti Jamnas. Sebagai kesempatan yang sangat berharga, selain akan menambah wawasan dan pemahaman tentang ke Bhinnekaan, juga untuk saling menemu kenali Indonesia sejatinya.

"Indonesia itu terdiri dari beragam suku, adat budaya, bahasa, dan agama. Maka dari itu, sejak sekarang harus membangun rasa saling menghormati, menghargai dan rasa saling mencari persamaan. Saling menemu kenali tentang Indonesia sejatinya."

"Kalau kita mencari persamaan pada saat yang sama kita bisa mereduksi perbedaan. Sedangkan perbedaan adalah kekuatan yang menjadi perajut kekuatan persatuan dan kesatuan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucapnya.

Kepada Ketua Kontingen Jatim, Khofifah menitipkan seluruh peserta Jamnas. Dan, kepada seluruh pembina dan pendamping, diminta agar mereka mengawal peserta dengan baik.

"Bawalah harumnya nama Jatim, bawalah harumnya Bumi Majapahit yang mengajarkan tentang bagaimana ke-Bhinnekaan menjadi kekuatan tegaknya NKRI," tegasnya.

Selain mengucapkan selamat jalan kepada peserta, Kakak Khofifah juga berharap dan mendoakan agar peserta dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Selamat Jalan, Salam Optimis, Salam Pramuka. Ada satu lagi, Salam Pancasila. Kalau saya ucapkan Salam Pancasila, jawabnya sambil mengangkat tangan, juga ucapkan Salam Pancasila," teriak Kakak Khofifah,  diikuti serentak seluruh peserta Jambore.

"Bismillahirrahmanirrahim, secara resmi saya berangkatkan Kontingen Pramuka Jawa Timur, untuk mengikuti Jambore Nasional ke XI," ucapnya. (inf/tji/red)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait