Menuju Gedung Negara Grahadi

Massa Buruh di Jatim Kembali Gelar Demo

INFOnews.id | Surabaya - Massa buruh dari sejumlah wilayah yakni Mojokerto, Pasuruan, Sidoarjo, Gresik dan Surabaya kembali menggelar aksi demo. Mereka, melakukan konvoi menuju Gedung Negara Grahadi di Surabaya. Tuntutan yang diusung adalah kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP), di Gedung Negara Grahadi, Senin (29/11/2021).

Di Bundaran Waru, perbatasan wilayah Surabaya dan Sidoarjo menjadi titik kumpul sebelum bergerak masuk kota Surabaya. "Di sini (Bundaran Waru), kita menunggu rekan-rekan buruh lainnya, baik dari Sidoarjo, juga yang dari Pasuruan. Kita akan bergerak bersama menuju depan Gedung Negara Grahadi di Surabaya," kata Slamet, buruh dari Sidoarjo, usai sholat, di kawasan Menanggal.

Sementara, di luar pagar Gedung Negara Grahadi kawat berduri sudah terpasang, petugas kepolisian pun terlihat. Terkait kegiatan aksi buruh, Kapolrestabes Surabaya menyampaikan himbauan dan permintaan maaf kepada masyarakat, utamanya pengguna jalan.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Surabaya atas ketidaknyamanan," ujar Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan. 

Guna menjaga ketertiban aksi buruh, kepolisian Surabaya menyiagakan 2.500 personil. Diharapkan, aksi buruh tetap menjaga ketertiban baik di jalan raya dan saat jalannya unjuk rasa.

"Bilamana mereka telah berkumpul semuanya dan siap bergerak, kami akan mengawal menuju obyek aksi unjuk rasa sehingga mereka bisa bergerak tertib dan tidak mengganggu lalu lintas dan masyarakat," terangnya. (inf/tji/red)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait