Tenaga baru mensosialisasikan bahaya virus Corona

Gubernur Khofifah Gowes Bareng Ikatan Alumni Pasien Sembuh Covid-19

Pesepeda Ikatan Alumni Pasien Sembuh Covid-19 dari Gedung Negara Grahadi, Surabaya (Foto: ist)

INFONews.id | Surabaya - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa berangkatkan puluhan pesepeda Ikatan Alumni Pasien Sembuh Covid-19, sebagai tenaga baru untuk mensosialisasikan bahaya virus Corona di Jatim.

“Ini akan memberikan dorongan motivasi bagi mereka yang sekarang masih dirawat, mereka harus punya optimisme punya semangat bahwa mereka akan sembuh semuanya,” kata Khofifah setelah memberangkatkan pesepeda Ikatan Alumni Pasien Sembuh Covid-19 di Gedung Negara Grahadi, Minggu (23/8/2020).

Dikatakan, ribuan pasien sembuh dari Covid-19 yang di rawat di RS Lapangan Kogabwilhan II Surabaya dan lainnya dapat mengedukasi tentang protokol kesehatan kepada masyarakat yang masih menganggap enteng pandemi virus corona.

 

“Ini akan menjadi energi baru bagi Jawa Timur untuk mengedukasi masyarakat yang lain, yang mungkin masih menganggap enteng. Sekarang yang mengedukasi para survivor dari pasien yang sembuh, mereka akan mengajak masyarakat supaya bermasker,” ujar mantan Mensos tersebut.

Dengan keterlibatan penyintas Covid-19 tersebut sebagai tenaga sosialisasi bahaya virus corona, bisa menjadi tenaga pendamping bagi pasien lainnya yang masih dalam perawatan untuk tidak merasa diasingkan oleh lingkungannya.

“Ada yang mungkin terstigma, ada yang mungkin terisolir, ada diantara mereka yang mungkin di exclude dari tempat bekerjanya, dari komunitasnya. Mereka mudah-mudahan berkesempatan untuk melakukan pendampingan,” tambah Khofifah.

Bagi Wardatul Jamilah yang dinyatakan berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dan sembuh dari Covid-19 setelah dirawat di Asrama Haji Sukolilo, mengimbau agar masyarakat tak perlu takut kepada pasien yang sudah sembuh. Dan tetap disipilin menerapkan protokol kesehatan.

“Saya rasanya setelah kembali ke rumah itu kayaknya ada beberapa orang yang takut gitu kan. Saya pengen ngomong jangan takut sama orang yang sudah pernah positif Covid-19, terus kita kan sudah dinyatakan bisa kembali ke masyarakat sama dinas kesehatan,” ujarnya.

Setelah pembacaan deklarasi ikatan alumni pasien sembuh Covid-19, Gubernur Jawa Timur Khofifah bersama OPD serta Penanggung Jawab RS Lapangan Kogabwilhan II Laksamana TNI Dr. IDG Nalendra juga turut bersepeda dari Grahadi menuju Taman Mundu bersama puluhan orang yang sudah dinyatakan terkonversi negatif virus corona. (*)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait