Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jatim Ali Kuncoro (IN/PHOTO: TUDJI)

SURABAYA, INFONews.ID - Di ajang Paralimpik Pemprov Jawa Timur II Tahun 2024, sebanyak 357 atlet Penyandang Disabilitas dari sejumlah kabupaten/kota di Jatim turut berpartisipasi, Iven ini digelar di GOR Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Lidah, yang berlangsung 13 - 16 Juni 2024.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jatim Ali Kuncoro menjelaskan pekan olahraga khusus bagi penyandang disabilitas ini merupakan penyelenggaraan yang kedua.

"Pesertanya tahun ini sebanyak 357 atlet dari 37 kabupaten/kota di Jatim," katanya kepada wartawan usai pembukaan Peparprov Jatim II/ 2024 di Surabaya,"  Jumat (15/6/2024), malam.

Peparprov Jatim tahun ini mempertandingkan tiga cabang olahraga, yaitu atletik, boccia dan voli duduk. Even ini, menjadi ajang seleksi bagi atlet yang akan diikutsertakan ke Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di Solo, Jawa Tengah, pada bulan Oktober mendatang.  

Dispora Jatim juga berkomitmen akan rutin menggelar Peparprov sebagai ajang pembibitan atlet penyandang disabilitas.

"Rencananya akan kita gelar bergilir yang menjadi tuan rumahnya, tidak selalu di Surabaya, tujuannya untuk memacu pertumbuhan dan prestasi atlet di masing-masing daerah," tambahnya.

Selain itu agar atlet penyandang disabilitas mendapat perhatian dari pemerintah daerahnya masing-masing. Apalagi, penyelenggaraan Peparnas Jatim, merupakan implementasi dari amanat Undang-undang bagi pemerintahan yang inklusif.

"Pemprov Jatim sudah inklusif setelah dirintis oleh Gubernur era Khofifah Indar Parawansa. Semua orang memiliki hak yang sama dalam hal apapun. Prinsipnya No One Left Behind. Semua kita fasilitasi sesuai potensi masing-masing," katanya. (inf/dji/red)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru