praktik latihan dan menerima materi tentang Evakuasi Medis Udara (IN/PHOTO: PUSPENERBAL)

SIDOARJO, INFONews.ID - Sebanyak 75 mahasiswa dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berkunjung ke shelter Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda, itu guna melaksanakan serangkaian kegiatan praktik latihan dan menerima materi tentang Evakuasi Medis Udara (EMU), Senin (3/6/204)

Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya yang berjalan sejak Sabtu (1/6) lalu.

Praktek EMU ini, melibatkan 1 helikopter Bell 412 dan NBO-105, puluhan Mahasiswa terlihat antusias mengikuti praktik ini, dalam kegiatan ini mereka diajarkan dasad-dasar Evakuasi Medis Udara termasuk bagaimana menangani korban di dalam Helikopter.

Menurut Komandan Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Puspenerbal, Mayor Laut (P) Pranatha, kegiatan positif ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan hubungan baik antar instansi Unair dengan Puspenerbal.

Terlebih berkaitan dengan universitas khususnya Fakultas Kedokteran, hal ini tentu dapat menjadi pengetahuan baru tentang Evakuasi Medis Udara dan tentunya tidak menutup kemungkinan dapat diimplementasikan pada Fakultas lain yang juga relevan.

Menurut Danron, Skuadron helikopter di Puspenerbal ini, juga mengoperasikan helikopter SAR Basarnas, tentunya harapannya kedepan dengan kegiatan ini dapat menunjang misi-misi kemanusiaan yang akan datang dengan para calon dokter-dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.(inf/rls/red)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru