Peziarah berdoa di Makam Sunan Ampel. INPhoto/Alim

SURABAYA, iNFONews.ID - Makam Sunan Ampel menjadi tujuan ziarah dan wisata religi bagi banyak orang. Berada di Jl. Ampel Blumbang No.2 A, Ampel, Kec. Semampir, Surabaya, Jawa Timur, Makam Sunan Ampel tidak pernah sepi, apalagi saat bulan suci Ramadan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 daya tarik makam Sunan Ampel:

1. Sejarah dan Budaya

Sunan Ampel adalah salah satu Wali Songo yang berperan penting dalam penyebaran Islam di Pulau Jawa, termasuk di Surabaya. Makamnya menjadi tempat bagi umat Islam untuk mengenang jasa-jasanya.

Selain itu, kompleks makam ini juga menampilkan budaya Jawa yang kental, membuatnya menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan yang ingin merasakan nuansa budaya dan sejarah Islam di Jawa.

2. Keberkahan dan Doa

Banyak peziarah yang datang ke makam Sunan Ampel untuk berdoa dan mencari keberkahan. Mereka percaya bahwa berziarah ke makam Sunan Ampel dapat membawa berkah dan menjawab doa-doa mereka.

3. Kawasan Wisata Religi

Kawasan makam Sunan Ampel juga dikelilingi oleh beberapa tempat wisata religi lainnya, seperti Masjid Agung Sunan Ampel dan Kampung Arab, yang menawarkan berbagai pernak-pernik dan kuliner khas Timur Tengah. Hal ini membuat kawasan ini menjadi destinasi wisata religi di Surabaya yang lengkap.

4. Lokasi dan Aksesibilitas

Makam Sunan Ampel terletak di pusat kota Surabaya dan mudah dijangkau, dengan jam operasional 24 jam. Hal ini membuatnya menjadi tujuan wisata yang praktis untuk dikunjungi.

Sebagaimana diketahui, Wali Songo memiliki peran besar dalam penyebaran Islam di Pulau Jawa, termasuk di Surabaya.

Mereka telah meninggalkan banyak jejak dalam berdakwah dan membawa perubahan besar terhadap masyarakat Jawa yang dulunya banyak beragama Hindu-Budha.

Dalam penyebaran Islam di Jawa, Wali Songo menggunakan metode dakwah yang lembut, damai, dan tanpa unsur paksaan. Hal ini membuat masyarakat Jawa bisa menerima kehadiran Wali Songo dan memeluk Islam secara sukarela.

Salah satu Wali Songo yang berperan penting dalam penyebaran Islam di Surabaya adalah Sunan Ampel. Makamnya di Surabaya menjadi tujuan ziarah dan wisata religi bagi banyak orang.

Wali Songo menyebarkan Islam dengan berbagai cara, seperti lewat kebudayaan maupun pendidikan. Mereka berdakwah di sembilan wilayah bagian majapahit yang tersisa pada pertengahan abad ke-15, yang meliputi daha, wengker, lasem, blambangan, pajang, tumapel, kahuripan, mataram, dan matahun.

Wali Songo yang berperan penting dalam penyebaran Islam di Surabaya adalah Sunan Ampel (Raden Rahmat). Sunan Ampel merupakan salah satu dari sembilan wali (Wali Songo) yang berdakwah dan menyebarkan Islam di Pulau Jawa, termasuk di Surabaya.

Sunan Ampel lahir pada tahun 1401 di Champa, Kamboja. Ia tiba di Jawa sekitar tahun 1443 dan berdakwah di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Ia dikenal sebagai tokoh yang bijaksana dan memiliki metode dakwah yang lembut dan damai. Hal ini membuat masyarakat lokal menerima ajaran Islam dengan sukarela.

Sunan Ampel juga dikenal sebagai pendiri kota Surabaya. Makamnya yang terletak di kawasan Ampel, Surabaya, menjadi tujuan ziarah dan wisata religi bagi banyak orang.

Editor : Alim

Berita Terbaru