Calon penumpang membawa barang bawaannya menuju bus di Terminal Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur. IN/PHOTO : Patrik Cahyo Lumintu

SURABAYA,iNFONews.IDPendaftaran Mudik Gratis 2024 telah diumumkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Calon pemudik, bisa melakukan pendaftaran lewat aplikasi MitraDarat di PlayStore dan AppStore. Adapun pendaftaran dibuka mulai 6 Maret hingga 3 April 2024 atau sampai kuota terpenuhi.

Untuk pemesanan tiket mudik via bus, calon pemudik dapat mengunduh aplikasi MitraDarat melalui gawai pintar, setelah itu memilih menu Mudik Gratis.

Lalu pilih lokasi keberangkatan dan tujuan mudik, kemudian pilih armada bus yang sesuai. Setelah itu, calon pemudik dapat mengisi data diri. Pemesanan tiket diakhiri dengan mengklik tombol selesaikan pemesanan.

Jika peserta mudik gratis akan mengikuti mudik-balik (PP), maka pendaftaran arus balik dilakukan secara bersamaan pada saat mendaftar arus mudik, dengan catatan asal kota balik sama dengan kota tujuan mudik yang dipilih (tidak melayani pendaftaran hanya arus balik/urban).

Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa surat-surat kendaraan (STNK dan SIM) dan perlengkapan berkendara serta menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan /H-1 (satu) sebelum tanggal seremonial/keberangkatan bus.

Ketentuan program mudik gratis Lebaran 2024 oleh Ditjen Perhubungan Darat sebagai berikut :


1. Setiap pemudik hanya boleh pilih 1 kota tujuan mudik
2. Jika pemudik mau gratis PP (Pulang-Pergi), pendaftaran arus balik dilakukan saat daftar arus mudik
3. Tidak melayani pendaftaran arus balik
4. Setelah daftar, peserta diberi waktu H+5 registrasi/validasi ulang di posko mudik yang ditentukan
5. Jika lewat H+5 peserta tidak validasi ulang, dianggap gugur dan kuota diberikan ke yang lain
6. 1 Akun pemesanan tiket dapat daftarkan maksimal 4 peserta mudik

Perlu diketahui program mudik gratis, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan sebanyak 722 unit bus, dengan 30.088 kuota mudik gratis yakni 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik.

Reporter : Patrik Cahyo  Lumintu

Editor : Alim

Berita Terbaru