Fasilitas pompa panas di Danmark Protein akan menyediakan cetak biru bagi beberapa proyek serupa di lokasi Arla Foods Ingredients yang lain. INPhoto/Arla Foods Ingredients

DENMARK, iNFONews.ID - Arla Foods Ingredients mengambil langkah besar untuk mencapai tujuan pengurangan karbon dengan pembangunan fasilitas pompa panas elektrik di pabrik pengolahan utamanya di Denmark.

Proyek senilai 32 juta Euro ini merupakan investasi tunggal Arla yang terbesar dalam inisiatif nol emisi karbon hingga saat ini.

Fasilitas yang berlokasi di Danmark Protein ini dijadwalkan akan beroperasi pada tahun 2025, yang akan mampu mengubah 2,8 MW listrik menjadi 8 MW panas.

Pergeseran produksi panas dari listrik yang tidak menggunakan gas akan mengurangi emisi rumah kaca dari pabrik ini, dengan perkiraan setara 14.500 ton CO2 dalam setahun, dengan pengurangan sebanyak 17% jika dibandingkan dengan tahun 2015.

Dengan demikian, pabrik ini akan berkontribusi secara signifikan terhadap tujuan Arla secara keseluruhan untuk mengurangi emisi CO2 dari produk sebanyak 63% pada tahun 2030.

Seiring dengan berbagai tindakan untuk mencapai target sebesar 100% energi listrik terbarukan di seluruh pabriknya di Eropa pada akhir tahun 2025, ini merupakan salah satu langkah terbesar yang diambil oleh perusahaan ini untuk menuju nol emisi karbon.

Investasi ini merupakan puncak dari upaya selama bertahun-tahun di Arla Foods Ingredients, yang memiliki sejarah panjang dalam penerapan teknologi elektrifikasi.

Berbagai pelajaran yang dipetik dari investasi pompa panas yang lebih kecil telah menjadi dasar perancangan sistem yang terintegrasi sepenuhnya, yang akan menangkap energi dari air yang didinginkan.

Panas yang dihasilkan akan dimasukkan ke dalam jaringan distribusi panas 90°C dari pabrik, yang menyediakan air panas untuk berbagai proses seperti pengeringan semprot untuk menghasilkan bahan whey bubuk.

"Ada permintaan yang terus bertambah untuk produk-produk kami di seluruh dunia, tetapi sangat penting bagi kami untuk berkembang dengan cara yang berkelanjutan," kata Paul van Rooij, Wakil Presiden, Rantai pasokan di Arla Foods Ingredients.

Elektrifikasi yang efisien dan pergeseran menuju energi terbarukan merupakan pusat komitmen Arla untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

"Teknologi pompa panas inovatif ini akan memungkinkan kami untuk membagi sistem energi kami, agar kami dapat menyediakan panas yang dihasilkan dengan cara yang lebih berkelanjutan kepada pengguna suhu yang lebih rendah sambil menyalurkan upaya kami dalam mengembangkan berbagai solusi yang lebih baik untuk beberapa kebutuhan suhu tinggi dari kami. Ini merupakan tonggak bersejarah lainnya yang penting dalam perjalanan kami untuk mengurangi karbon," terangnya.

Fasilitas pompa panas di Danmark Protein akan menyediakan cetak biru bagi beberapa proyek serupa di lokasi Arla Foods Ingredients yang lain.

Arla Foods Ingredients, anak perusahaan Arla Foods, merupakan pemimpin global di bidang nutrisi yang berkomitmen dalam keberlanjutan dan inovasi, yang melayani berbagai merek utama di seluruh dunia.

Editor : Alim

Berita Terbaru