Hari Santri Nasional 2021

Gubernur Khofifah Minta HSN Jadi Momen Lawan Kemiskinan

Peringatan Hari Santri Nasional di Gedung Negara Grahadi Surabaya (Foto: IN/ist)

INFOnews.id | Surabaya - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak Hari Santri Nasional (HSN) 2021 menjadi momentum untuk melawan kemiskinan dan membangkitkan ekonomi. Itu disampaikan disela peringatan HSN yang digelar Provinsi Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (22/10/2021).

Gubernur Khofifah menyampaikan, para santri di Indonesia khususnya di Jawa Timur harus siap jiwa raga dalam menjaga NKRI.

"Kalau dulu santri melawan agresi militer, menghadapi peperangan mempertahankan kemerdekaan. Sekarang para santri harus berjuang melawan kemiskinan dan membangkitkan ekonomi," kata Gubernur Khofifah.

Untuk berjihad melawan kemiskinan lanjutnya, para santri diharap meningkatkan kualitas manajemen skill, dan entrepreneur. Siap menghadapi perkembangan ekonomi dan siap memberikan dedikasinya kepada masyarakat.

HSN tahun ini, diharapkan bisa menjadi starting point untuk membangkitkan jiwa kewirausahaan, pengembangan pasar yang memberi manfaat bagi masyarakat.

Khofifah menambahkan, untuk skala internasional momentnya adalah daya saing ekonomi. Setiap negara telah melakukan lompatan besar untuk menguatkan ekonomi. Negara yang memiliki pondasi kuat di sektor ekonomi dan berbasis sumber daya manusia tidak semata berbasis sumber daya alam maka hampir dapat dipastikan akan menguasai berbagai sektor lainnya.

"Santri harus mampu menjadi motor penggerak perekonomian bangsa bahkan dunia. Termasuk bangkitnya para wirausaha kalangan santri, pesantren dan sosiopreneur,” ucapnya. 

Saat upacara juga hadir Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Plh. Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono, Kapolda Jatim, Kajati, Pangdam V Brawijaya, Ketua DPRD Jatim, serta Ormas NU, dan Muhammadiyah. (rls/tji/red)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait