Rakerda PDIP Jatim, Siapkan Mesin Pemenangan Pemilu

PDIP Jatim melantik 145 kader yang disiapkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi teknis, termasuk untuk pemenangan pemilu (foto: tudji)

Infonews.id | Sidoarjo - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur menyiapkan badan-badan partai untuk melaksanakan tugas-tugas kepartaian yang bersifat teknis. Mesin partai untuk pemenangan pemilu itu dilantik dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDI Perjuangan Jatim, di Hotel Utami, Juanda, Sidoarjo, Selasa (18/2/2020). 

DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi SH MHum mengatakan, selain untuk konsolidasi organisasi, Rakerda yang akan membahas persoalan-persoalan di masyarakat luas ini juga disertai seremoni pelantikan ratusan kader yang disiapkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi teknis sebagian dari keputusan-keputusan rakerda.

Para kader tersebut ditempatkan di badan-badan Partai. Yakni Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK), Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR), Badan Kebudayaan Nasional (BKN), Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat), Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), dan Badan Pemenangan Pemilu (BP-Pemilu).

“Ada 145 kader untuk ditempatkan di tujuh badan partai,” kata Kusnadi kepada wartawan. 

Kusnadi menyebut, badan-badan partai berperan membantu struktural partai dalam melaksanakan tugas-tugas kepartaian yang bersifat teknis. Termasuk menjalankan sebagian dari rekomendasi rakerda. 

Rekomendasi rakerda, sebagian lainnya juga dilaksanakan oleh kader di eksekutif dan legislatif melalui kebijakan regulasi dan alokasi anggaran yang bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk peran badan-badan partai, urai Kusnadi, bagaimana misalnya Baguna melakukan mitigasi bencana, melakukan edukasi kebencanaan kepada masyarakat, maupun penggalangan bantuan untuk korban bencana.

“Periode lalu Baguna Jatim turun langsung ke lokasi bencana. Menggelar pengobatan pasca banjir di Sampang, mendirikan dapur umum saat erupsi Gunung Agung di Bali, menerjunkan tim kesehatan dan penggalangan bantuan saat gempa di Nusa Tenggara Barat, dan sebagainya,” papar pria yang juga Ketua DPRD Jatim ini. 

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Jatim Dr Sri Untari Bisowarno menambahkan, rakerda di Hotel Utami Sidoarjo akan diikuti 500-an kader PDI Perjuangan sebagai peserta. Antara lain perwakilan pengurus DPC dan seluruh anggota DPRD dari 38 Kabupaten/kota se-Jatim, DPRD Jatim, DPR RI dapil Jatim, dan kepala daerah-wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan.

Sejumlah tema terkait kepentingan masyarakat luas Jawa Timur akan dibahas dalam rakerda semisal kebencanaan, penguatan UMKM. Sementara tema besar mengacu pada tema Rakernas I yang diselenggarakan DPP di Jakarta sebulan lalu, yakni: "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional".

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait