Gunung yang diabadikan di dalam uang kertas di Indonesia. IN/PHOTO :

SURABAYA, iNFONews.ID - Tahukah kamu? Bahwa ada beberapa gunung yang diabadikan di dalam uang kertas di Indonesia. Berdasarkan hasil rangkuman iNFONews.ID, setidaknya ada 7 gunung legendaris yang terpaut di mata uang Indonesia.

Berikut 7 Gunung di mata uang Indonesia :

1. Gunung Api Banda

Gunung Api Banda diabadikan dalam pecahan uang 1000 Seri Pahlawan Nasional II Tahun Emisi (TE) 2016. Seri uang kertas ini mulai berlaku pada Desember 2016, Gunung Api Banda adalah sebuah gunung berapi, sekaligus sebuah pulau yang terletak di Laut Banda.

Pulau ini adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda. Tingginya 656 meter dari permukaan laut. Secara administratif pulau ini termasuk ke dalam kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo berada di empat Wilayah Kabupaten di Jawa Timur, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo diabadikan di daam pecahan uang 5000 Seri Pahlawan Nasional II Tahun Emisi 2016.

Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Bromo juga menawarkan keindahan sebuah kawah dengan garis tengah kurang lebih 800 meter (utara-selatan) dan kurang lebih 600 meter (timur-barat). Bagi penduduk sekitar Gunung Bromo, suku Tengger, mempercayai sebagai gunung suci.

3. Gunung Kei Matubu

Gunung Kei Matubu yang terletak di Provinsi Maluku Utara diabadikan dalam uang pecahan 1000 seri Pahlawan Nasional I yang dikeluarkan tahun 2000. Di dalam uang tersebut terdapat lukisan nelayan di tengah hamparan laut dengan background Pulau Matiara dan Pulau Tidore.

Pada Pulau Tidore itulah tergambar gunung yang menjulang dengan awa tipis di puncak. Gunung tersebut adalah Gunung Kei Matubu, yang merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Maluku Utara.

Gunung Kie Matubu juga dikenal dengan gunung Tidore dengan Ketinggian 1730 mdpl. Bagi para pendaki dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam dengan jelas di atas puncak. Seakan-akan menyaksikanlangsung dari tengah lautan Maluku Utara yang terbentang luas.

Gunung Kei Matubu terabadikan di dalam uang pecahan 10.000 seri Rupiah Tahun "90-an" II yang dikeluarkan tahun 1998. Lukisan yang digambarkan dalam pecahan uang 10.000 tersebut adalah danau Segara Anak, yaitu danau yang ada di kawah Gunung Rinjani, di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

4. Gunung Rinjani

Gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl dan menjadi salah satu gunung favorit bagi pendaki Indonesia.

Gunung ini merupakan sebuah simbol sakral kesakralan di Pulau Lombok bagi masyarakat setempat, baik bagi suku asli Sasak yang mayoritas beragam Islam maupun bagi Suku Bali yang beragama Hindu.

5. Gunung Toba

Gunung Toba adalah gunung berapi supervukan purba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Gunung ini diperkirakan meletus terakhir sekitar 74.000 tahun lalu, yang bentuk kaldera berukuran besar yang diisi oleh air, saat ini dikenal dengan Danau Toba.

Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62), lebar 30 kilometer (19 mi), dan kedalaman 508 meter (1.667 ft). Toba merupakan satu-satunya supervulkan yang ada di Indonesia. Gunung Toba di abadikan di dalam uang pecahan 100 Seri Rupiah Tahun '90-an I yang dikeluarkan tahun 1992. Uang seri ini ditarik dari peredaran pada tahun 2006.

6. Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau diabadikan di dalam uang pecahan 100 seri Rupiah Tahun 1992. Gunung Anak Krakatau terletak di perairan Selat Sunda, Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Gunung ini merupakan pulau vulkanik kecil, anggota dari kepulauan Krakatau.

Gunung ini merupakan gunung api aktif yang hampir setiap waktu selalu meletus kecil dengan tipe "Stromboli", berupa letusan eksplosif yang memancarkan material baru ke udara, untuk membangun tubuhnya.

Anak Krakatau mulai muncul pada tahun 1927 dan terus semakin bertambah tinggi hingga sekarang. Sepanjang tahun 2023 Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencan Geologi (PVMBG) mencatat letusan terjadi sebanyak 687 kali.

7. Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau, kawah di puncaknya.

Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih.

Danau inilah yang terabadikan di dalam uang kertas pecahan 5000 Seri Rupiah Tahun '90-an I yang dikeluarkan tahun 1992, yang tergambarkan jelas tiga danau dengan warna yang berbeda. Uang seri ini telah ditarik dari edaran tahun 2006.

Reporter : Patrik Cahyo Lumintu

Editor : Alim

Berita Terbaru