Sejumlah pelajar mengamati patung WR Soepratman di Museum Wr Soepratman, Surabaya, Jawa Timur. INPhoto/Patrik Cahyo Lumintu

SURABAYA, iNFONews.ID - Hari Musik Nasional setiap tahunnya diperingati pada 9 Maret. Peringatan Hari Musik Nasional 2024, mengusung tema Merdeka Berbudaya memajukan Musik Indonesia

Dilansirkan dari website resmi Kemendikbudristek, Direktur perfilman Musik dan Media, Ahmad Mahendra mengatakan Hari Musik Nasional penting untuk diperingati sekaligus dirayakan sebagai penanda terciptanya ekosistem musik Indonesia.

"Empat tahun terakhir, Kemendikbudristek mencatat berbagai pencapaian penguatan ekosistem musik nasional yang diupayakan bersama para musisi, komunitas musik melalui berbagai kebijakan dan program,"ujarnya.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam perayaan Hari Musik Nasional 2024, merupakan wujud yang diberikan kepada seluruh musisi Tanah Air melalui karyanya terus berkontribusi bagi kemajuan kebudayaan Indonesia.

Selanjutnya bertepatan dengan Hari Musik Nasional 9 Maret 2024, acara diadakan di Auditorium LPP RRI Jakarta, Kemendikbudristek menyelenggarakan konser bertajuk " Musik untuk Semua" berkolaborasi bersama Dwiki Dharmawan.

Pertunjukan "Musik untuk Semua" disiarkan secara dalam dan luar jaringan dengan menggandeng Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) dapat disaksikan di 36 cafe dan restoran di berbagai provinsi.

Perhelatan puncak acara peringatan Hari Musik Nasional 2024 diselenggarakan di Taman Budaya Jawa Timur, dengan konser musik Indonesia drama musik Membangun Bangsa "Sang Garuda" yang dimainkan Komunitas Jatiswara Indonesia, dan pesan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Perlu diketahui, rangkaian untuk menyemarakkan Hari Musik Nasional 2024 diantaranya ziarah makam WR Soepratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Peluncuran dan Mini Konser Kita Cinta Lagu Anak (KILA) dan diskusi musik kebangsaan.

Reporter : Patrick Cahyo Lumintu

Editor : Alim

Berita Terbaru