Setelah dapat antrian online, dibutuhkan waktu hanya sehari, paspor pun jadi

Infonews.id | Surabaya - Unit Layanan Paspor (ULP) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, di Pasar Atom Mall, Surabaya terapkan sistem One Stop Service (OSS), itu guna memberikan layanan prima dan cepat kepada pemohon pembuatan paspor.

Termasuk untuk pemohon paspor calon jamaah haji. Kepala Penyelia ULP Kanim Tanjung Perak di Pasar Atom Mall, Surabaya menyebut, sampai per hari ini, penyelesaian pembuatan paspor untuk jamaah haji asal Lamongan, sudah mencapai 800 paspor. Dari jumlah sekitar 1200 pemohon pembuatan paspor calon jamaah haji.

"Alhamdulillah mulai tanggal 7 Januari hingga hari ini kita sudah menyelesaikan sekitar 800 paspor calon jamaah haji dari Lamongan, jadi tinggal 400 paspor lagi yang belum terselesaikan," kata Kepala Penyelia ULP Kanim Tanjung Perak Pasar Atom Mall, Meylando Yoga Pradana, Jumat, (24/1/2020).

Lando sapaan akrabnya menyebut, dari sisa 400 kuota calon paspor jamaah haji dari Kabupaten Lamongan bisa selesai dalam satu atau dua minggu kedepan.

"Insya Allah, sisa 400 calon jamaah haji yang belum selesai paspornya akan dapat kami tangani dalam maksimal dua minggu kedepan, jadi biar para calon jamaah haji itu akan lebih tenang sebelum berangkat menjalankan ibadah ke tanah suci," jelas Lando.

Dia menyebut, selain meningkatkan pelayanan penerbitan paspor calon jamaah haji, ULP Kanim Tanjung Perak di Pasar Atom Mall ini juga terus meningkatkan layanan terhadap para pemohon paspor lainnya.

"Di program ini, kita terapkan dengan model layanan satu sistem One Stop Service diterapkan kepada para pemohon paspor," tambahnya.

Dijelaskan, dengan sistem OSS, bisa memangkas waktu pemohon paspor. Dengan sistem OSS, pemohon paspor hanya datang satu hari, dan mendapat pelayanan sampai selesai.

"Jadi, dengan One Stop Service, pemohon hanya datang satu kali, dan selesai hari itu juga. Jadi tidak perlu bolak-balik ke kantor Imigrasi," ungkapnya.

Lando menambahkan, dalam satu hari, ULP Pasar Atom Mall dapat melayani 200 pemohon paspor. 100 pemohon paspor haji, dan 100 paspor biasa. Termasuk dengan menggunakan pendaftaran online. Manfaat sistem itu, juga untuk mencegah terjadinya praktek percaloan di layanan paspor.

Sementara, terkait layanan cepat paspor di ULP Pasar Atom Mall itu juga mendapat apresiasi dari masyarakat, yang hari itu tengah menyelesaikan pembuatan paspor. Novie Harianto, yang datang dengan isterinya menyebut akan menjalankan ibadah umroh. Dan, mengatakan pelayanan di tempat itu sangat luar biasa.

"Layanan disini (UPL Pasar Atom) sangat baik sekali, pertama kami daftar melalui online dan mendapatkan antrian, hari ini datang dan menunggu beberapa menit sudah proses foto, dan saat ini tinggal menunggu hasilnya," kata Novie.

Dia berharap, layanan di ULP Pasar Atom Mall di Surabaya itu juga diterapkan di setiap tempat layanan publik lainnya, di Jawa Timur.

"Semoga di layanan publik lainnya juga diterapkan seperti di ULP Pasar Atom Mall ini, agar masyarakat mendapatkan layanan cepat dan tanpa ribet," ujar lelaki yang anggota tentara itu.(tji)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru