Wujudkan Desa Wisata Kebangsaan

UPN Veteran Jatim dan PemDes Wonorejo, Situbondo Tandatangani MoU

Kerjasama UPN Veteran Jawa Timur dengan PemDes Wonorejo, Banyuputih Kab Situbondo (Foto: IN/ist)

INFOnews.id | Situbondo - Program Studi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pemerintah Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo untuk program penelitian dan pengabdian masyarakat.

Program kerjasama ini berlangsung selama 5 (lima) tahun terhitung sejak penandatanganan berlangsung dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

"Penandatanganan kerjasama berlangsung pada hari Jum’at tanggal 1 Oktober 2021 di kantor Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Dihadiri oleh Ketua Program Studi Pariwisata Dr. Yudiana Indriastuti, S.Sos, M.Si, seluruh staf pengajar serta tenaga pendidik Program Studi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur," kata Fondina Gusriza, M.Sc, Dosen Program Studi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur.

"Perjanjian kerjasama langsung ditandatangai oleh Kepala Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo Bapak Sumarto Adi," lanjut Dina, panggilan akrab Fondina.

Kerjasama yang akan berlangsung selama 5 tahun diwujudkan dalam beberapa program seperti, kunjungan ilmiah, pembinaan atau pendampingan desa, penelitian serta pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun atau lebih.

Selama 5 tahun kedepan seluruh staf pengajar Program Studi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur akan bergantian menyusun program dan melakukan pendampingan serta pengabdian masyarakat di Desa Wonorejo. 

Pendampingan juga difokuskan pada pengelolaan dan pengembangan pariwisata Desa Wonorejo.

"Ada yang menarik untuk dikembangkan, Desa Wonorejo memiliki potensi daya tarik wisata yang sudah dikelola maupun yang belum dikelola secara maksimal. Desa ini juga memiliki Program Desa Wisata yang dikenal dengan Desa Wisata Kebangsaan," terang Dina.

Melalui kerjasama ini, Pemerintah Desa Wonorejo berharap Program Studi Pawisata UPN Veteran Jawa Timur bisa mendampingi pengembangan Desa Wisata Kebangsaan melalui program-program pelatihan, pendampingan, pemetaan potensi, promosi, perancangan paket wisata serta evaluasi rutin terhadap kegiatan yang dilakukan.

Hal ini untuk mencapai Desa Wisata Kebangsaan Desa Wonorejo yang mandiri, dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, serta memiliki nilai jual tinggi. 

Dosen Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur itu menilai, Desa Wonorejo memiliki banyak potensi wisata yang belum dikelola secara maksimal. Untuk itu, setiap program pendampingan yang akan dilaksanakan akan disesuaikan dengan kebutuhan Desa Wonorejo khususnya Program Desa Wisata Kebangsaan untuk menjawab permasalahan dan tantangan yang ada.

Melalui program Tri Dharma Perguruan Tinggi, diharapkan pengabdian masyarakat ini bisa berjalan dengan maksimal dan terus berlanjut. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Program Studi Pariwisata konsisten dalam melaksanakan kegiatan pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi baik Penelitian maupun Pengabdian Masyarakat.

Selanjutnya, saat dilakukan penutupan acara ini diakhiri dengan pemberian souvenir kepada Desa Wonorejo, yang diberikan melalui Kepala Desa, dilanjutkan dengan foto bersama. (*)

(Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Fondina Gusriza - Dosen Program Studi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait