Bembekalan Binsiap Apwil dan Puanter di Kodim 0831/ST (Foto: IN/ist)

INFOnews.id | Surabaya - Kodim 0831/Surabaya Timur terus berbenah, termasuk meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di lingkungan Kodim 0831/Surabaya Timur.

Salah satunya melaksanakan kegiatan Pembinaan Kesiapan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Aparat Kowil Tri Wulan 1 Tahun 2021 di Aula Makodim, acara itu digelar Rabu (24/3/21). 

Kegiatan tersebut bertujuan agar seluruh aparat di wilayahnya menguasai pengetahuan yang terkandung dalam materi Binsiap Apwil dan Puanter guna menuju kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas pembinaan teritorial baik untuk tingkat perorangan maupun satuan.

Komandan Kodim (Dandim) Tipe A 0831/ST Kolonel Inf Agus Faridianto, dikesempatan itu menyampaikan beberapa arahan tentang pentingnya sosialisasi kepada anggota teritorial.

"Agar nantinya para prajurit bisa lebih memahami tugas dan tanggung jawabnya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikan atau melaksanakan tugas di lapangan," ujar Kolonel Inf Agus Faridianto.

Dandim menegaskan, sasaran penyelengaraan Binsiap Apwil dan Puater ini diharapkan agar lebih optimal, efektif dan efisien, dalam penyelengaraan dan acuan pelaksanaannya serta dapat meningkatkan kemampuan Prajurit dalam melaksanakan, menjabarkan, mensosialisasikan Binter ke Wilayah.

"Kegiatan ini bertujuan mewujudkan prajurit yang memiliki mental disiplin. Semangat yang tangguh dan profesional serta dapat berintergrasi dengan komponen masyarakat dalam melaksanakan tugas di satuan komando kewilayahan di jajaran Kodim 0831/Surabaya Timur," urai Kolonel Agus.

"Diharapkan juga bisa menyamakan langkah dan misi para Babinsa dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara melalui tugas pembinaan teritorial di wilayahnya dan terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan rakyat," tambahnya.

Pihaknya juga mengingatkan pentingnya 3M saat melaksanakan tugas. Yakni dengan berpegang pada rotokol kesehatan bagi anggota Babinsa yang tiap hari terjun ke wilayah. "Dan saya minta tolong, ingatkan dan sampaikan pesan ini ke masyarakat Surabaya," tambahnya.

Kepada anggotanya Dandim Agus menekankan agar bijak bermedsos, memahami setiap situasi dan dimengerti serta jangan terpegaruh dengan dunia maya.

Dalam kegiatan acara ini sebagai narasumber juga hadir BPBD Kota Surabaya Anang Kustianam. Diantaranya, Anang juga menyampaikan tentang bencana alam di daerah Jawa Timur khususnya wilayah Surabaya yang pada intinya antara pra bencana dan bagaimana cara memitigasi.

"Tujuannya untuk menggurangi resiko terhadap bencana. Karena potensi bencana bisa sewaktu-waktu datang, contohnya kebakaran, ada dua segi bencana alam dan non alam," terang Anang. (pendim/tji)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru