Alex saat menjelaskan digitalisasi sistem informasi akuntansi dan keuangan di kampus PCU. INPhoto/PCU

SURABAYA, iNFONews.ID - Era globalisasi dan perkembangan teknologi kini semakin pesat menerpa setiap sendi kehidupan termasuk dunia bisnis. Tak ketinggalan digitalisasi sistem informasi akuntansi dan keuangan.

Pentingnya pengetahuan tentang Aplikasi Digital Accounting ini maka PCU menghadirkan seseorang yang pernah bekerja menjadi Senior Finance Analyst di Tesla.

Ia adalah Petranesian (sebutan bagi keluarga besar PCU) yang akan sharing knowledge dan experience tentang aplikasi digital accounting di AVT. 503 Kampus PCU pada Rabu ini (27/03).

Dengan mengangkat topik “Leveraging Data Analytics for Decision Making in Accounting”, kegiatan yang dimulai pukul 16.30 WIB di gedung AVT.503 itu menghadirkan Alexander Josiah Wirawan, S.M., B.Sc., MBA (Cand).

“Alumni kami asal IBM (International Business Management) ini akan memberikan awareness kepada warga Surabaya termasuk mahasiswa PCU mengenai pergeseran peran akuntan di era digital. Sebab seorang Akuntan harus memahami keuntungan dan kelemahan teknologi digital ini, termasuk kemungkinan adanya fraud,” tambah Sany, S.E., MS-CIS., Ph.D., CMA., selaku koordinator kegiatan.

Sany merinci, pembicara akan menjelaskan mengenai bagaimana keuntungan aplikasi digital accounting ini. “Kedepannya, kinerja para akuntan akan lebih efisien, sekaligus lebih cepat dalam mendapatkan laporan, dengan tetap memperhatikan risiko-risikonya,” tambah Sany.

Hadirnya aplikasi digital accounting ini juga berarti kurangnya keterampilan di pasar tenaga kerja, terutama keahlian akuntansi dan analitis.

“Maka dari itu, semakin penting bagi akuntan untuk menyadari bahwa perannya telah berkembang menjadi analisis keuangan berbasis data. Dengan memanfaatkan alat analitis, maka akuntan bisa menggunakannya untuk tujuan kontrol, pelaporan, dan otomatisasi,” tambah Alex yang sempat melamar hingga 70 perusahaan sebelum masuk di Tesla itu dalam paparannya.

Alex menambahkan, perangkat komputer mempunyai keterbatasan untuk menampung data yang dikerjakan. “Ketika masih bekerja di Tesla, saya memeriksa hingga 5 juta invoice setiap harinya. Bayangkan jika kita harus mendata dalam sebulannya,” tambah Alex.

Kegiatan yang membahas tentang salah satu aspek digital accounting ini digelar oleh program IDAF (International Digital Accounting & Fraud), yang berada di bawah naungan SBM (School of Business and Management) PCU.

Sekilas tentang Petra Christian University (PCU), sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1961 bertempat di Surabaya, Indonesia. PCU memiliki fakultas-fakultas yang terkemuka di bidang pendidikan, teknologi, konstruksi, bisnis, dan industri kreatif.

 

Editor : Alim

Berita Terbaru