Aloisius Thomas sedang mengajar menempel kertas berwarna di SD Trisula. INPhoto/PCU

SURABAYA, iNFONews.ID - Melalui pendidikan, terciptalah masyarakat yang berkembang dan berkelanjutan. Tapi, apakah yang diajarkan itu sudah sesuai kebutuhan para murid dan merata?

Melihat hal tersebut, BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa PCU (Petra Christian University) bersinergi dengan YISB (Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah) menggelar Petra Mengajar III pada 6 - 7 Maret 2024 mulai pukul 09.00 - 11.00 WIB.

“Kami memilih metode pembelajaran fun learning, dengan fokus peningkatan semangat belajar siswa melalui pengemasan materi yang aktif dan interaktif namun tetap edukatif. Harapannya, mahasiswa dapat secara nyata terjun langsung membagikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari,” kata Steve William Gondosoesanto selaku Ketua Acara Petra Mengajar III.

Steve merinci, ada 180 mahasiswa dari berbagai program studi/program di PCU yang mendaftar menjadi guru dalam kegiatan kali ini. Mereka akan mengajar di SD dari daerah-daerah pelosok Surabaya. 

Hari pertama (06/03), mereka akan mengajar di SD Trisula, SD Kh. Mas Alwi, MI AI Ichsan, SD Dahlanudin, SD Bahrul Ulum, dan SD Tanwir. 

Sementara itu pada hari kedua (07/06), mereka akan mengajar di SD Al Amin, MI Nurul Huda Bangkingan, SD Karunia Hidup, SD Hidayatul Mustaqim, SD Mardi Putra, dan SD Pancasila 45.

“Para mahasiswa ini dibagi berkelompok (3 orang tiap kelompoknya). Ada dua shift per harinya. Mereka akan mengajar mulai dari kelas 1 - 6 SD. Sementara itu, materi pembelajarannya meliputi Matematika, Bahasa Inggris, Mozaik, Logika Dasar, dan Geografi,” tambah Steven.

“Luminescence” adalah tema Petra Mengajar III yang juga termasuk dalam program Pengabdian Masyarakat BEM PCU. Tema tersebut berasal kata dalam Bahasa Inggris yang artinya pancaran cahaya dari benda yang diasah. “Lewat kegiatan ini, kami yakin bahwa mahasiswa PCU juga bisa ikut mengasah pendidikan di Indonesia, dan kemudian mampu memancarkan cahaya bagi masa depan bangsa,” ujar Steve.

Sebelum para peserta yang merupakan mahasiswa PCU itu terjun langsung, mereka harus membuat materi pembelajaran sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang telah dibuat oleh BEM PCU dan dikawal juga oleh YISB. 

Selain itu, untuk mengoptimalkan peran sebagai seorang guru dalam kegiatan Petra Mengajar ini, para mahasiswa juga harus beberapa kali melakukan uji coba presentasi mengajar.

Misalkan saja untuk pelajaran Matematika, para siswa SD akan diajak belajar mengenal uang, pecahan, waktu, bilangan bulat, dan lain-lain. 

Pelajaran Bahasa Inggris akan belajar mengenai hobby dan animal. Tak lupa, mereka juga akan belajar tentang logika lewat permainan yang menggunakan bendera, stick ice cream, dan korek api batangan.

Sekilas tentang Petra Christian University (PCU), sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1961 bertempat di Surabaya, Indonesia. PCU memiliki fakultas-fakultas yang terkemuka di bidang pendidikan, teknologi, konstruksi, bisnis, dan industri kreatif.

 

Editor : Alim

Berita Terbaru