Mahasiswa Ubaya (kiri) membagikan kit dan memberi edukasi tentang TBC ke warga Putat Jaya. INPhoto/Ubaya

SURABAYA, iNFONews.ID – Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) memberikan 100 kit berisi masker dan hand sanitizer ke warga Kelurahan Putat Jaya untuk memperingati Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret.

Ada pula edukasi keliling tentang TBC kepada masyarakat dan penyuluhan ke Kader Surabaya Hebat (KSH). Kegiatan diadakan pada Sabtu (23/3/2024).

Pembagian kit serta penyuluhan ini merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Kedokteran dan Farmasi Ubaya dengan Puskesmas Putat Jaya.

Tim beranggotakan dr. Sajuni, Sp.MK., M.Ked.Klin dan dr. Risma Ikawaty, Ph.D serta lima mahasiswa dari Fakultas Kedokteran. Selain itu, apt. Anita Purnamayanti, M.Farm-Klin dari Fakultas Farmasi juga terlibat menjadi anggota.

Ketua tim, dr. Sajuni, Sp.MK., M.Ked.Klin., mengatakan Kelurahan Putat Jaya dipilih karena menjadi daerah dengan jumlah penderita TBC terbanyak di Surabaya.

“Per tahun 2023, ada sekitar 142 kasus penderita TBC di Putat Jaya. Untuk itu, kami akan membagikan kit ke daerah yang padat penduduk untuk mencegah penyebaran TBC semakin meluas,” jelasnya.

Dr. Sajuni menambahkan, setelah berkeliling ke masyarakat akan dilakukan penyuluhan ke KSH. Menurutnya, penyuluhan juga perlu dilakukan karena masih banyak kader yang belum mendapat edukasi tentang TBC.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat membuat masyarakat lebih aware terhadap tuberkulosis dan bersama-sama mengakhiri penyebaran TBC,” harap dr. Sajuni. Terkait program PKM ke depannya, ia dan tim masih akan melakukan seminar ke satgas dan kader puskesmas.

Sebagai informasi, TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini menular dan dapat menyerang otak, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung dan tulang belakang. Namun paling sering menyerang paru-paru.

 

 

 

Editor : Alim

Berita Terbaru