Mie Sagu sarapan khas Pontianak. IN/PHOTO : Siti Mustiani

PONTIANAK, iNFONews.ID - Jika ingin menikmati liburan di Kalimantan Barat, mengunjungi tempat-tempat sarapan terkenal di Pontianak adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Sebagai ibu kota provinsi, Pontianak memiliki banyak pilihan tempat sarapan yang lezat. Berikut sarapan enak di Pontianak yang terkenal dan menjadi ikon kuliner tersendiri, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber : 

1. Mie Sagu
Semangkuk olahan sagu yang dibuat mie, tidak panjang tapi karakternya tebal. Teman baiknya ebi atau teri goreng, juga kacang tanah. Mie sagu mudah ditemui di Pontianak, tersebar di warung-warung dengan harga yang cukup murah.

2. Bubur Teri
Bubur ikan teri jadi bubur yang paling akrab buat warga Pontianak. Biasanya diberikan tambahan topping kacang tanah goreng. Kuahnya kuning tapi bening. Teksturnya seperti nasi tapi tetap lembut.

3. Sate Kuah
Kalian bisa menemukan sate kuah di area pasar atau depan warung kopi. Protein yang digunakan kebanyakan ayam, tetap dengan bumbu kacang yang kental, lontong, dan terakhir diguyur kuah kuning. Cita rasa yang tercipta semakin kaya.

4. Warung Mie Ongkie

Menyajikan mie khas Pontianak dengan berbagai varian topping yang lezat, seperti ayam, udang, dan babat. Warung ini telah menjadi favorit bagi penggemar mie di Pontianak.

5. Nasi Kuning Kuah Aso
Kamu harus mencoba Nasi Kuning Kuah Aso yang cukup unik. Berbeda dengan umumnya, menyantap Nasi Kuning Kuah Aso akan memberikan sensasi berbeda karena disajikan dengan kuah kuning bercita rasa gurih. Apalagi isiannya juga komplet mulai dari suwirn ayam, teri kacang, irisan telur dadar, sambar, kerupuk dan acar timun.

6. Bubur Ketapang
Traveler yang tidak biasa sarapan berat, mungkin bisa mencoba Bubur Ketapang. Dijual di tempat sederhana, Bubur Ketapang sudah punya pamor yang cukup melekat di lidah para pencinta kuliner.

 

Reporter : Patrik Cahyo Lumintu

Editor : Alim

Berita Terbaru