Direktur Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan, Riset dan Teknologi, Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr. INPhoto/Untag Surabaya

SURABAYA, iNFONews.ID - Dalam upaya meningkatkan kualitas riset dan penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menggelar workshop dengan tema ‘Peningkatan Kompetensi Dosen Dalam Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarat Menuju Perguruan Tinggi Klaster Mandiri’ yang diikuti dosen Untag Surabaya.

Kegiatan yang digelar di Auditorium lantai enam Gedung R. Ing. Soekonjono ini turut menghadirkan langsung Direktur Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan, Riset dan Teknologi, Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr., pada Sabtu (08/3/2024).

Ketua LPPM Untag Surabaya, Aris Heri Setiawan, S.T., M.T dalam laporannya mengatakan kegiatan ini merupakan serangkaian menuju target perguruan tinggi di klaster mandiri.

“Dalam mencapai tujuan tersebut, tentunya seluruh civitas akademika harus menyatukan strategi dan sinergi bersama agar target mencapai klaster mandiri tercapai,” ujarnya.

Selain target menjadi klaster mandiri, Aris juga menambahkan kegiatan ini dapat menjadi modal awal untuk pendampingan peningkatan kualitas Sinta yang menjadi tolak ukur kinerja lembaga perguruan tinggi.

“Tahun 2024 ini kami menargetkan peningkatan peringkat Sinta Untag Surabaya dengan mewadahi para dosen mengikuti klinik penyusunan proposal hibah,” lanjutnya.

Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M, CMA., CPA turut menyambut hangat kedatangan Direktur DRTPM Dirjen Pendidikan, Riset dan Teknologi di Kampus Merah Putih.

Prof. Nugroho berharap kehadiran Prof. Faiz sebagai narasumber dapat menjadi motivasi segenap civitas akademika Untag Surabaya dalam hal peningkatan kualitas riset dan penelitan.

“Sebagai Kampus Nasionalis, Untag Surabaya tentunya menyambut sangat baik kedatangan Prof. Faiz untuk berbagi ilmunya terutama untuk seluruh dosen di Untag Surabaya. Semoga motivasi yang diberikan oleh Prof. Faiz dapat menjadi penyemangat meningkatkan penelitian di tahun 2024 ini,” tuturnya.

Prof. Nugroho juga berpesan untuk selalu bergotong royong demi mencapai target perguruan tinggi di klaster mandiri dalam hal penelitian dan riset.

“Target selanjutnya setelah Untag Surabaya sudah menjadi unggul, kami berharap dapat mencapai klaster mandiri. Maka dari itu, kami berpesan kepada seluruh civitas akademika untuk bergotong royong dan bersinergi demi mencapai target tersebut,” lanjut Prof. Nugroho.

Prof. Faiz juga turut menyampaikan kontribusi dari perguruan tinggi dinilai penting dalam menghasilkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia dari riset dan penelitian.

“Kegiatan ini semoga menjadi wadah untuk mengembangan kualitas dosen dalam peningkatan kualtias riset yang akan dilakukan. Karena dengan peningkatan kualitas riset, maka akan bermanfaat bagi bangsa ketika riset tersebut menghasilkan teknologinya,” tutupnya.

Editor : Alim

Berita Terbaru