JTHF-R 2024, Solusi Belanja Murah Untuk Ramadhan dan Idul Fitri. INPhoto/Tudji

SURABAYA, iNFONews.ID - Marhaban Ya Ramadhan, menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriyah, GUBUG JATIM, MAKI JATIM dan Pemerintah Provinsi Jatim menggelar Jatim Trade Halal Festival Ramadhan 1445 Hijriyah (JTHF-R). Acara itu terjadwal mulai 9 Maret hingga 6 April 2024 di Atrium Mall Surabaya Town Square (Sutos) Surabaya.

Sejumlah OPD Pemprov Jatim dipastikan turut mendukung gebrakan pasar murah kebutuhan bahan pokok dan berbagai barang lainnya, termasuk, berbagai lomba, berbagai jajanan dan arena bermain untuk anak dan keluarga, termasuk tersedianya fasilitas lainnya. Itu disampaikan Ketua Panitia Lutfi, Resto Nine, Kamis (7/3/2024).

Heru MAKI menambahkan, dipilihnya Sutos Suraaaabaya, tepatnya di lantai satu agar kenyamanan masyarakat atau pengunjung dapat terjamin saat datang, termasuk bersama keluarga.

Heru, menjelaskan gelaran JTHF-R 2024 dipastikan menjadi pusat belanja aneka kebutuhan Hampers Halal dan Pusat Belanja Craft dan Frozen Food terlengkap dibanding event serupa yang pernah digelar di Surabaya atau wilayah Jatim lainnya.

"MAKI Jatim Turunkan Satgas"

Heru MAKI menambahkan pihaknya juga menurunkan Tim Satgas internal untuk mengawasi atau mencegah aksi borong bahan pokok kebutuhan pangan. 

“Di gelaran ini (JTHF-R 2024) kita juga bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk Bulog Divre Jatim, untuk bahan pangan. Dan, soal itu, tentu kita menyiapkan Satgas MAKI untuk atensi membludaknya belanja sembako,” terang Heru MAKI, sambil menyebut di arena JTHF juga disediakan seribu takjil gratis, setiap hati. 

Selain sembako, juga aneka kebutuhan fashion atau pakaian muslim halal dan anak-anak sampai dewasa, baik kebutuhan fashion maupun kebutuhan keluarga yang lengkap. 

“Termasuk, Pusat Pasar Murah dengan menyediakan sembako  standar operasi pasar guna menyikapi terjadinya kenaikan harga beras serta sembako lainnya. Juga sebagai pusat belanja Craft dan Aneka Produk Frozen Food beragam dan sangat lengkap. Aneka Produk Frozen Food untuk melayani kebutuhan dapur masakan bagi pengunjung, mengingat adanya perubahan waktu kebiasaan menyiapkan masakan, dimana yang biasanya pagi menjadi sore hari serta untuk memenuhi kebutuhan dapur masakan ketika ART harus pulang Kampung. 

Selain pusat belanja Craft dan Aneka Produk Frozen Food yang beragam dan sangat lengkap. Juga pusat edukasi bagi para pelaku usaha mendapatkan informasi dan pendampingan dalam pengurusan PIRT, sertifikasi Halal, Merk serta BPOM.

“Serta, pusat acara Buka Puasa Bersama Halal dengan mengedepankan konsep One Stop Islamic Entertainment guna  mendukung pengunjung yang telah melaksanakan puasa ramadhan,” terangnya.

Juga ada mushola yang sangat nyaman, untuk sholat Maghrib dan Sholat Tarawih berjamaah. Dukungan Pemprov Jatim melalui OPD, disebut akan menambah keanekaragaman serta keikutsertaan UMKM akan menjadikan acara tersebut semakin semarak.

”Ini salah satu bentuk pameran yang berbasis pengabdian masyarakat dan jauh dari potensi profit oriented yang akan selalu menjadi tujuan utama para pelaku usaha EO di Jawa Timur,” ungkap Ketua MAKI Jatim, Heru Prasetyo. 

Heru menyebut, pelaku usaha yang menjadi binaan mitra OPD di lingkungan Pemprov Jatim akan berjajar dengan rapi dengan pelaku usaha binaan GUBJATIM (Gubuk UMKM Bersatu Jawa Timur) serta pelaku usaha kue kering berkualitas dari rumah-rumah produksi masyarakat, turut dihadirkan. 

Jatim Trade Halal Festival Ramadhan 2024 hadir sebagai bagian dari Ikhtiar luar biasa dan pengabdian kepada Masyarakat Jawa Timur, karena akan diselenggarakan juga pasar murah yang menyajikan aneka sembako,” terang Heru. 

Yang sangat menarik adalah panitia pelaksana akan menyajikan suasana giat buka puasa Bersama dengan konsep One Stop Islamic Entertainment, lengkap dengan Mini Park Kids dengan aneka kualitas kuliner legendaris yang akan sangat diminati pengunjung. Juga turut meramaikan gelaran JTHF-R 2024. 

Sederet acara lainnya :

1. Lomba Merangkai Hampers untuk Umum dan OPD Jatim

2. Lomba Mewarnai Anak Anak setiap Sabtu dan Minggu sore

3. Fashion Hijab dan Fashion Moslem Competition setiap Sabtu sore

4. Senam Pound Fit setiap Kamis dan Sabtu Malam, mulai 18:30 – 22:00 WIB

5. Lomba Patrol antar Kampung setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu

6. Pagelaran Sarung Fashion Week

“Jadi, masyarakat kita harapkan selain bisa berbelanja kebutuhan lebaran dengan harga terjangkau, juga bisa menikmati berbagai hiburan, lomba dan sebagainya. Tentu tidak meninggalkan jadwal beribadah, karena disediakan tempat sholat yang nyaman. Jangan lupa waktunya mulai 9 Maret sampai 6 April 2024,” kata Heru MAKI. (inf/rls/tji)

 

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru