Pantai Gendambaan yang terletak di selatan Kalimantan. INPhoto/Patrick Cahyo Luminto

SURABAYA, iNFONews.ID - Pantai Gendambaan yang terletak di selatan Kalimantan, khususnya di Kotabaru, kini menjadi destinasi wisata yang sangat diminati.

Setiap akhir pekan, ratusan wisatawan dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan bahkan beberapa daerah lainnya mengunjungi pantai ini untuk berlibur.

Pantai dengan luas 11 hektar ini berlokasikan di Desa Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten kotabaru, Kalimantan Selatan ini menjadikannya sebagai salah wisata andalan warga sekitar untuk mengais rejeki melalui panorama yang disajikan.

Selain menikmati deburan lembut ombak di pantai selatan, pengunjung juga dapat melihat keindahan dari deretan tanaman laut yang menghiasi area sekitar.

Mulai dari pohon cemara yang menjulang tinggi hingga pohon kelapa yang tidak hanya memberikan teduhan, tetapi juga menjadi sumber kuliner favorit bagi para pengunjung saat terik matahari mulai menyentuh kulit.

Hanya dengan tiket Rp10 ribu sudah bisa menikmati keindahan Pantai Gedambaan. Pantai ini dahulunya lebih dikenal dengan Pantai Sarang Tiung yang hanya berjarak 14 kilometer dari titik nol kabupaten kotabaru.

Pantai_GendambaanPantai_Gendambaan

Kebersihan pantai ini senantiasa dijaga dengan sangat baik oleh empat petugas yang dipimpin langsung oleh Toni, S.Par, yang merupakan petugas dari dinas pariwisata setempat.

Dengan komitmen mereka, pantai ini tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, suasana pantai yang dikelilingi oleh pegunungan di bagian utara memberikan sentuhan sejuk, sehingga meskipun matahari bersinar terik, pengunjung masih dapat menikmati udara yang nyaman di sepanjang pantai.

Pengunjung dapat bercengkrama di gazebo sambil menikmati lezatnya kepala muda yang disajikan langsung, menjadikan enggan untuk segera pergi dari pantai ini.

Pantai Gedambaan juga memiliki hamparan hutan mangrove yang menjadi habitat alam dari burung - burung laut dan beberapa hewan lain, seperti kepiting dan ikan.

Tidak jauh dari pantai ini, anda akan melihat gugusan terumbu karang di daerah Teluk Tamiyang yang masih berada di kawasan Kecamatan Pulau Laut Barat.

Keelokan terumbu karang tersebut masih alami dan belum tersentuh, memberikan pengalaman visual yang memukau bagi para pengunjung. Keberadaan terumbu karang yang terjaga dengan baik di Teluk Tamiyang menjadi daya tarik tambahan yang memanjakan mata pengunjung.

Apabila berkunjung bersama keluarga, anda dapat menikmati banyak fasilitas yang disajikan oleh pengelola, termasuk wisata kuliner, kolam renang, dan untuk merasakan keindahan Pantai Gendambaan pada malam hari, dengan merogoh kocek sebesar Rp350 ribu sudah bisa bermalam di cottage yang nyaman dan sejuk.

Melihat pesona yang ditawarkan oleh Pantai Gedambaan, sangat kurang rasanya jika berkunjung ke Kotabaru tapi tidak menjelajahi indahnya pantai ini.

 

Editor : Alim Kusuma

Berita Terbaru