Wisatawan menikmati keindahan Pulau Gusung Bangau. INPhoto/Patrik Cahyo Lumintu

SURABAYA, iNFONews.id - Kotabaru yang selama ini dikenal sebagai penghasil kerupuk amplang, kini lekat dengan sebutan lazuardi di penggal selatan Kalimantan. Ada keunikan yang tersimpan di selatan Kalimantan. Jika pada umumnya pulau berbentuk tetap, namun ada keajaiban yang menarik.

Salah satu daya tarik utama Kotabaru, terdapat sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Uniknya, bentuk pulau selalu berubah - ubah dan sohor disebut Pulau Gusung Bangau. Pesona pulau itu masih terjaga keasriannya dan terbilang baru bahkan belum banyak diketahui wisatawan.

Kabupaten Kotabaru yang memiliki sekitar 110 pulau kecil, dengan 31 di antaranya masih belum teridentifikasi namanya.

Diantaranya, Kecamatan Kelumpang Tengah memiliki 21 pulau kecil, Kecamatan Pulau Sebuku memiliki 10 pulau kecil, Kecamatan Pulau Laut Selatan memiliki 23 pulau kecil, dan masih terdapat beberapa pulau kecil lainnya.

Tempat wisata di Kalimantan ini dapat dicapai dengan mengendarai jet ski atau kapal boat dengan jarak kurang lebih 11 kilometer dari Teluk Masjid, Kecamatan Pulau, Laut Timur. Suasana tenang dan damai di bibir pulau tersebut mampu menyihir wisatawan setelah sampai di pulau ini.

Deburan ombak yang meliuk-layang dan warna biru laut akan memukau mata selama perjalanan melintasi Pulau Manti. Menikmati udara segar dan kejernihan laut adalah pesona yang disajikan oleh pulau ini.

Pulau ini menawarkan hamparan pasir putih yang cukup luas dan terlihat seperti gurun pasir. Tentu saja menjadi daya tarik bagi para wisatawan asing maupun lokal. Pulau Gusung Bangau walaupun tak berpenduduk namun menyimpan panorama yang memukau sangatlah patut untuk diselami.

Tak heran jika Kotabaru layak digadang-gadang menjadi penyanggah wisata untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimatan Timur, Jarak IKN ke Ibu kota Kabupaten Kotabaru hanya 390 Kilometer.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru saat ini fokus mengembangkan sektor pariwisata dan gencar mempromosikan pariwisata agar lebih dikenal masyarakat luas. Keindahan dan keunikan Pulau Gusung Bangau adalah bagian kecil dari begitu banyaknya spot wisata yang tersebar di Kotabaru.

Reporter : Patrik Cahyo Lumintu

Editor : Alim

Berita Terbaru