INFOnews.id | Gresik - Penyaluran hobi dan kreatifitas dipastikan akan berjalan seiring, tak terkecuali yang dilakukan oleh komunitas olahraga pesepeda di Kota Gresik ini.

Dilandasi hobi yang sama, kerap berkumpul, ngopi dan berdiskusi mereka melahirkan ide gemilang, gagasan yang konstruktif pun tak hanya dirasakan komunitas, namun juga masyarakat dan lingkungan sekitar.

Dari tangan-tangan dingin anggota Gowes Galaksi Suci (GGS) yang bermarkas di Perum Galaksi Suci Residen (GSR) Suci Manyar Gresik, lahan tidur bekas tambang PT Semen Gresik disulap menjadi Sirkuit Galaksi Bike Park.

Ahmad Saifuddin Ketua RW 24 Desa Suci yang juga wakil ketua GGS mengatakan, bahwa munculnya ide membuat sirkuit MTB sebenarnya cukup lama. Namun baru terealisasi usai GGS mengunjungi sirkuit Alibaba di Lakarsantri Surabaya sebulan lalu.

“Dari segi topografi, lokasi di bukit kapur Suci sebenarnya jauh lebih baik dan lebih menantang dibanding sirkuit MTB yang ada di Bukit Ular Surabaya. Makanya kami tergerak untuk bikin sirkuit sendiri biar tidak terlalu jauh mau berlatih dan mencari sensasi adventure,” kata Jibro sapaan akrab Saifuddin, Kamis (21/7/2022).

Dia menuturkan, selain Sirkuit Bukit Ular, sejumlah sirkuit ternama di Jatim seperti Bromo, Tulang Welang, Braksen, Wonosalam, B-29, Kelud dan lainnya juga sudah pernah dijajaki klub gowes yang dibentuk saat maraknya pandemi Covid-19, tahun 2020 lalu.

Setiap minggu, mereka yang tergabung di GGS hanya berlatih di sekitaran bukit kapur wilayah Suci dan Giri karena lebih suka dengan medan off road dan adventure.

Sayangnya, spot yang bagus untuk berlatih tantangan jaraknya terlalu jauh dan tidak dalam satu kawasan. Lanjut Jibro, medan menantang di bukit sekitaran Giri yang dikenal dengan sebutan Hollywood terkesan kurang tertata dengan baik dan mempertimbangkan keamanan (safety).

Apalagi pada jalur yang sama kerap digunakan motorcross berlatih sehingga jalannya jadi rusak.

“Sudah banyak goweser yang menjadi korban karena jatuh hingga dilarikan ke rumah sakit. Itulah yang menginspirasi kami bikin sirkuit Galaksi Bike Park biar goweser sekitaran Kota Gresik bisa berlatih dengan aman dan nyaman,” urai pria asli Sembayat saat berbincang dengan media ini.

Senada, anggota GGS lainnya, termasuk Punden menambahkan bahwa sirkuit Galaksi Bike Park sangat cocok buat latihan goweser yang suka dengan jalur menantang ala downhill.

Pasalnya terdapat beragam jumping, rollers, dropping, tikungan tajam  bertanggul (berm) menyerupai huruf “S”, turunan tajam maupun tanjakan.

“Sirkuit ini memang jaraknya pendek tapi tantangannya cukup lengkap sehingga cocok buat berlatih,” terang desainer sirkuit Galaksi Bike Park.

Ketua RT yang juga jurnalis ini, menyebut kelebihan sirkuit Galaksi Bike Park adalah suasananya asri dan rindang sehingga goweser tidak perlu takut kepanasan.

“Doakan saja Mas, nanti ada penerangan lampu biar bisa buat berlatih malam hari,” jelas Punden, sambil menghisap rokok kesukaannya.

Masih kata dia, ke depan, GGS berharap sirkuit ini bisa menjadi destinasi wisata dan olahraga untuk mendukung program pemerintah dan KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) sehingga bisa menambah peluang ekonomi bagi warga sekitar.

Terpisah, Sekum KORMI Jatim Edi Supaji menyatakan sangat mendukung upaya kelompok masyarakat yang ingin memasyarakatkan olahraga sekaligus menjadi sarana rekreasi bagi masyarakat.

“Sirkuit MTB itu bisa juga digolongkan dalam KORMI. Tentu kami siap mensupport biar sarana dan prasarana bisa semakin menunjang,” pungkas salah satu Kabid Dinas Kominfo Jatim ini. (inf/tis/tji)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru