Diharapkan mampu melahirkan SDM berkemampuan tekno

Gubernur Khofifah Resmikan Kampus ITB Trenggalek

Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Trenggalek diresmikan Gubernur Jatim Khofifah (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Trenggalek - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, meresmikan Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Trenggalek, Sabtu (23/10/2021).

Lembaga Pendidikan yang dikelola Yayasan Pondok Pesantren Ar-Ridwan, terletak di Jalan Soekarno-Hatta Gg Durian RT 12 RW 05 Kelutan, Trenggalek ini memberikan peluang untuk mahasiswa mendalami kategori Applied Science atau Ilmu Terapan.

"Ilmu Teknologi dan Bisnis, keduanya masuk dalam kategori Applied Science, dan diinisiasi pondok pesantren ini menjadi bagian penting dalam menambah jumlah perguruan tinggi, yang khususnya di wilayah Mataraman masih sangat kurang," ujar Gubernur Khofifah.

Keberadaan perguruan tinggi ini diharapkan memberikan sumbangsih guna peningkatan Sumber Daya Manusia, khususnya di bidang teknologi dan bisnis. 

Menurutnya, sesuatu yang langkah di pondok pesantren yang pada umumnya memberikan pelajaran keagamaan. Namun, ilmu menerapkan ilmu terapan. Disarankan, keilmuan yang diterapkan untuk melahirkan terbentuknya SDM handal, juga harus dibarengi dengan kelengkapan fasilitas yang dibutuhkan, termasuk laboratorium dan dosen atau tenaga pengajar mumpuni.

"Menurut saya ini bukan Prodi yang murah, ini bukan Prodi yang mudah, untuk diinisiasi seperti di daerah kelautan di Trenggalek," ujarnya.

Gubernur Khofifah menambahkan, Teknologi dan Bisnis seperti dua sisi mata uang. Satu sisi teknologi, sedangkan sisi lainnya bisnis. Saat ini, tambahnya, bisnis dari mulai ultra, mikro, mikro kecil, sudah membutuhkan teknologi. Termasuk teknologi, ini dinilai akan memberikan efektivitas dan efisiensi dari proses bisnis yang bisa diinisiasi oleh siapapun.

Pihaknya pun memberikan apresiasi atas munculnya perguruan tinggi tersebut. Dikatakan, keberadaannya diharapkan akan memberikan jawaban kebutuhan SDM handal menyambut era kompetisi, saat ini.

"Keberadaannya Insyaallah akan memberikan manfaat yang besar, jadi mudah-mudahan lancar dan sukses," doa diucapkan Gubernur Khofifah. (inf/tji/red)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait