Di Musim Pandemi

SMA Negeri 1 Lamongan Maksimalkan Kelas Akselarasi

Kepala SMA Negeri 1 Lamongan, Sofyan Hadi (Foto: Nur)

INFONews.id | Lamongan - SMA Negeri 1 Lamongan memberikan kesempatan siswanya untuk menempuh pendidikan hanya dua tahun atau lebih cepat satu tahun dibanding waktu sekolah normal.Kelas akselarasi tersebut dinamakan kelompok belajar diatas rata-rata(KBDR).

Kepala SMA Negeri 1 Lamongan, Sofyan Hadi mengatakan metode pembelajaran di Kelas Akselarasi atau KBDR ini dipangkas lebih singkat dari biasanya. Jika di kelas reguler memerlukan waktu belajar 6 jam, di kelas KBDR itu hanya membutuhkan waktu 4 jam.

"Mereka adalah siswa khusus. Kami membuka kelas mulai kelas satu," ungkap Sofyan Hadi, Kamis(30/7/2020).

Menurut Sofyan, tahun pelajaran 2019/2020 SMAN 1 Lamongan sudah meluluskan sebanyak 32 siswa dari kelas akselarasi atau KBDR ini.

"Kita terus maksimalkan program KBDR ini,sebagai upaya memfasilitasi anak-anak yang memiliki kemampuan lebih, "ujarnya.

Guna menunjang proses belajar mengajar, pihak sekolah melengkapi kelas dengan LCD proyektor permanen, AC, karpet, dan fasilitas wi-fi.

"Kalau ada siswa yang tidak kuat, pasti mengundurkan diri. Karena di situ kelas pilihan," katanya.

Secara teknis, KBDR ini sebenarnya memang mengandalkan kemampuan siswa. Sedangkan pihak sekolah hanya memfasilitasi dengan menyiapkan paket-paket atau modul belajar. Setiap paket yang sudah dikuasai, siswa bisa mengajukan tes mandiri kepada guru.

“Jika nilai tesnya bagus maka berhak mengambil paket berikutnya dan seterusnya. Sehingga siswa yang cerdas bisa menyelesaikan lebih cepat. Sehingga mereka sudah bisa lulus sekolah dalam waktu dua tahun,” katanya.

Selain itu pihaknya juga tengah menjalankan program pelatihan khusus bagi para peserta didiknya agar siap bekerja jika tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Kalau seandainya dia tidak masuk ke perguruan tinggi, dia bisa percaya diri di dunia kerja," kata Sofyan.

Menampung siswanya yang kurang beruntung dari segi ekonomi dan juga keilmuan, SMA Negeri 1 Lamongan memberikan bekal keahlian atau dengan menggandeng sejumlah perusahaan sehingga siswa menguasai bidang kewirausahaan dan memiliki jiwa entrepreneur.

"SMAN 1 Lamongan terus berinovasi, dalam rangka menyiapkan generasi yang tangguh dan mandiri,melalui kelas kewirausahaan dan entrepneur, "pungkasnya. (nur)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait