Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji dan Irianto dari PT Siantar Top Tbk memberikan bantuan untuk warga korban banjir di Tanggulangin, Sidoarjo (foto: tudji)

Infonews.id | Sidoarjo - Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji untuk kesekian kali turun menemui masyarakat korban luapan air di Desa Kedungbanteng, Tanggulangin, Sidoarjo.

Kali ini Komandan Polisi di Sidoarjo itu tak sendiri, tapi bersama PT Siantar Top Tbk memberikan sumbangan untuk meringankan masyarakat yang pemukimannya tergenang akibat hujan deras beberapa hari terakhir.

Penyerahan bantuan dikemas dalam 'Bakti Sosial Kapolresta Sidoarjo dan Staf Bersama PT Siantar Top Tbk Memberikan Bantuan Korban Banjir di Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo" itu digelar di Balai Desa Kedungbanteng, Kamis (27/2/2020). 

Kombes Pol Sumardji mengatakan dirinya mengaku bangga dengan kesabaran dan semangat warga Desa Kedungbanteng dan Desa Banjar Asri menghadapi musibah.

“Jujur saya terharu sekaligus bangga dengan warga dua desa, dimana di saat situasi dua desa belum terbebas dari genangan air namun mereka tetap tegar dan tetap bersemangat menghadapi musibah ini,” kata Kombes Pol Sumardji. 

Mantan Wadir Polairud Polda Metro Jaya itu juga mengapresiasi hadirnya PT Siantar Top Tbk yang datang ke lokasi musibah, dan menunjukkan kepedulian dengan memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Saya bersyukur ada Siantar Top yang punya kepedulian ikut membantu masyarakat korban banjir, saya berharap banyak pengusaha lain yang terketuk untuk ikut peduli pada korban terdampak banjir, termasuk warga di Desa Kedungbanteng dan Banjar Asri,” tambahnya.

Pihaknya juga meminta maaf jika bantuan yang diberikan masih kurang bermanfaat bagi warga terdampak banjir. Itu merupakan bentuk empati aparat penegak hukum khususnya Kepolisian di Sidoarjo dan pengusaha untuk meringankan beban masyarakat.

“Kami mohon maaf jika tidak bisa memberikan sesuatu yang lebih kepada warga, tapi ini merupakan bentuk kepedulian kami dan empati tinggi kami untuk sedikit meringankan beban warga,” tuturnya.

Bersama PT Siantar Top pihaknya berharap secepat mungkin Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menemukan solusi mengatasi genangan air di dua desa tersebut, misalnya dilakukan pengerukan sungai atau untuk jangka panjang bisa dibuatkan tanggul guna menampung dan menyalurkan air. 

Sementara, Irianto mewakili manajemen PT Siantar Top Tbk mengatakan jika bakti sosial itu merupakan bentuk kepedulian perusahaan dengan menyisihkan keuntungan bisnis yang didapat. Pihaknya akan selalu peduli dan ingin meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah.

“Bakti sosial ini wujud komitmen kami untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah. Bekerjasama dengan Polresta Sidoarjo kami memberikan sembako kepada warga terdampak banjir. Jangan dilihat nilainya tapi ini merupakan komitmen kami untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir,” ujar Irianto.

M Yasin Pejabat Sementara (Pj) Kepala Desa Kedungbanteng mengatakan, penanganan jangka pendek telah dilakukan dengan memasang pompa air di titik-titik genangan, untuk dipompa dan dialirkan ke sungai. Namun, upaya itu belum maksimal jika permukaan sungai masih tinggi.[]

Editor : Martudji

Berita Terbaru