Keceriaan penumpang di perjalanan pelayaran di KM Dharma Rucita VIII (IN/PHOTO: RUDIERG)

LEMBAR, NTB, iNFONews.ID - Keceriaan anak-anak tak terbendung, itu tergambar jelas di wajah mereka saat mengikuti perjalanan pelayaran di KM Dharma Rucita VIII milik PT Dharma Lautan Utama (DLU), dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Pelabuhan Gili Mas, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Keceriaan penumpang anak-anak dari seluruh penumpang yang berjumlah 800 orang itu larut dalam kegembiraan saat digelar permainan lomba mewarnai dan kuis yang dilakukan di depan ruang informasi di Deck I A, Selasa (1/7/2024).

Antusias dan keceriaan terpancar dari wajah mereka peserta lomba sambil menorehkan pensil warna satu demi satu, di kertas bergambar kapal itu.

Misalnya, itu diakui oleh Marsha (7) pelajar asal Mojokerto. Dia mengaku senang sekali ikuti lomba meski tidak suka menggambar. Gadis kecil ini menyebut tengah mengikuti pelayaran kapal karena tengah menikmati liburan sekolah, dia bersama ayah dan ibunya.

"Sebenarnya ndak suka menggambar, tapi saya senang dan ingin ikut juga lomba mewarnai," ucap Marsha, yang katanya senang perjalanan laut untuk ke rumah neneknya di Sumbawa Besar.

Pelajar lainnya, ada Aisyah (9) siswi yang baru naik kelas 3 SD Suka Bumi II Probolinggo itu, juga mengaku sangat senang mengikuti lomba menggambar. Dia menyebut hobinya juga menggambar, dan mengaku pernah menang dan mendapat hadiah saat mengikuti lomba menggambar di sekolahnya.

"Iya, saya senang sekali dan hobi menggambar. Saya pernah menang dan mendapat hadiah, waktu mengikuti lomba menggambar di sekolah. Dan, sekarang ini
sedang liburan sama kedua orang tua ke Lombok," ujarnya.

Terkait itu, Jaka Ridwan Bidang Layanan KM. Dharma Rucita VIII mengatakan, lomba semacam ini sudah biasa diselenggarakan, khususnya saat liburan sekolah.

"Lomba seperti ini sudah biasa digelar saat liburan sekolah, tujuannya selain memberi hiburan agar anak-anak mencintai transportasi kapal laut. Juga sebagai upaya edukasi buat anak-anak sejak dini mengenalkan tentang kapal dengan bagian-bagian yang ada di dalamnya," urai Jaka Ridwan.

Jaka Ridwan menambahkan, bahwa setiap liburan sekolah pihaknya selalu menggelar lomba untuk menghibur penumpang, khususnya hiburan dan edukasi kepada anak-anak.

“Setiap hari liburan sekolah kita gelar lomba untuk menghibur anak-anak. Agar mereka senang saat liburan biar tahun berikutnya saat liburan minta melakukan pelayaran lagi kepada orang tua mereka masing-masing, dan memilih naik kapal ini," ucap Jaka.

Apalagi di kapal ini fasilitasnya sangat lengkap, termasuk juga tersedia ruang bermain untuk anak, baik in door dan out door.

Dipastikan, selama dalam pelayaran anak-anak tidak bosan baik pelayaran dari Surabaya-Lembar maupun sebaliknya.

Sementara, para pemenang lomba dari beberapa pelayaran nantinya akan diundi oleh kantor pusat, PT DLU.

“Saat ini bagi pemenang diatas kapal hanya diberikan hadiah hiburan. Khusus lomba gambar yang akan diundi,” terang Jaka.

Dan, kuis yang dibawakan oleh tim layanan juga memberikan pertanyaan tentang kapal yang sedang dinaiki. Misalnya, siapa nama nakhoda, apa itu alat keselamatan, dan apa saja jenis alat keselamatan, serta bagian-bagian yang ada diatas kapal mulai kamar tidur, kamar mandi, musholah, ruang musik, tempat bermain anak itu bisa dijawab saling saut berebutan oleh peserta lomba.

“Kapal disopiri nakhoda, dan alat keselamatan sekoci, pelampung juga ada radarnya,“ ucap Marsha, memberikan jawaban.

Pertanyaan lainnya juga do’a makan, dan do’a puasa, dan itu dijawab lantang oleh Fitri (12) dengan benar. Pokoknya, mereka khususnya anak-anak mengaku sangat senang.

Untuk diketahui, di lomba menggambar untuk anak-anak penumpang kapal ini diikuti 13 peserta. Dan, diambil 6 pemenang dengan urutan pemenang sebagai berikut:

Juara 1. Aisyah (9)
Juara 2. Atala (10)
Juara 3. Hafidz
Juara 4. Alisia
Juara 5.Allarik
Juara 6. Naumi

Wow, memang sangat keren dan kreatif sekali kru PT DLU dan KM Dharma Rucita VIII ini. (inf/tji/red)

 

 

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru