Pekerjaan tanpa batas di era digital. IN/PHOTO : Santol

SURABAYA, iNFONews.ID - Sebuah studi Linkedln pada Februari 2022 yang melibatkan lebih dari 20.000 pekerja menunjukkan bahwa 25 persen Gen Z dan 23 persen Gen Milenial berniat untuk meninggalkan pekerjaan mereka saat ini dalam enam bulan ke depan.

Pengamat Sosial UI Devie Rahmawati menjelaskan bahwa generasi muda saat ini tumbuh di ekosistem digital yang menawarkan banyak pilihan hidup sejak kecil. Hal ini dapat mempengaruhi mentalitas mereka sebagai pekerja.

Berbeda dengan generasi sebelumnya seperti baby boomer dan generasi X yang mementingkan stabilitas pekerjaan, generasi muda lebih memprioritaskan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi (work-life-balance).

Devie menambahkan bahwa kelelahan akibat tuntutan pekerjaan tanpa batas di era digital menjadi salah satu faktor pendorong perpindahan bidang pekerjaan.

Apabila tidak merasa bermanfaat atau memiliki makna dalam melakukan pekerjaan, mereka cenderung untuk mengganti bidang pekerjaan yang dapat memberikan 'kepuasan' tersendiri. Namun, perubahan tersebut bisa memiliki dampak negatif pada perusahaan di mana mereka bekerja.

"Tingginya angka keluar masuk job hoppers, ini juga mempengaruhi biaya terkait ketika sebuah perusahaan telah menginvestasikan untuk melakukan training dan sebagainya," paparnya.

Sementara itu, menurut Praktisi dan Konsultan Sumber Daya Manusia (SDM) Audi Lumbantoruan terdapat beberapa faktor yang menentukan seseorang melakukan career switch. Pertama, faktor ekonomi atau kebutuhan.

"Kadang mencari pekerjaan itu memang karena faktor kebutuhan, sehingga akhirnya pilihannya nggak ada. Misalnya dia tadinya tidak ingin (bekerja) jadi agen, tetapi karena iming-imingnya bagus, komisinya bagus, dia mau coba. Padahal ketika di dalam mungkin (pekerjaan itu) nggak segampang yang dia pikirkan," kata Audi.

Kedua, orang-orang tidak paham tentang pekerjaan yang ada di pasar. Ketidakpahaman tersebut, kata Audi, memicu keinginan untuk mencoba bidang yang baru.

Editor : Alim

Berita Terbaru