Kopi, merupakan salah satu komoditas perkebunan Indonesia yang mendunia. IN/PHOTO :

SURABAYA, iNFONews.ID - Kopi, merupakan salah satu komoditas perkebunan Indonesia yang mendunia. Diantaranya banyak jenis-jenis kopi di Indonesia yang dikenal hingga mancanegara.

Menurut laporan Statistik Indonesia 2023, produksi kopi Indonesia mencapai 794,8 ribu ton pada 2022, meningkat sekitar 1,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Dihimpun dari website resmi Kementerian Pertanian Indonesia, mengenal ragam kopi Indonesia yang mendunia, diantaranya :

Kopi Arabika Gayo Sumatra
Kopi ini berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Kopi ini meraih predikat sebagai salah satu kopi termahal di dunia serta memiliki aroma yang memikat, rasa yang tidak terlalu pahit, dan bertekstur encer.
Dari rasanya yang bersih, kopi ini kerap dicampur dengan kopi lainnya untuk menghasilkan berbagai varian rasa.

Kopi Arabika Kintamani Bali
Tak hanya dikenal akan keindahan alamnya, Bali juga memiliki kopi yang mendunia. Karakteristik kopi khas Kintamani, Bali, ini cukup unik.
Terdapat aroma wangi bunga dan rasa asam citrus segar.
Banyak orang Amerika, Jepang, Eropa, dan beberapa negara di jazirah Arab menyukai kopi ini.

Kopi Flores Bajawa
Terkenal karena memiliki tingkat kekentalan yang cukup pekat, kopi ini menjadi salah satu primadona di pasar kopi internasional. Kopi ini juga memiliki perpaduan rasa sedikit asam dengan aroma pedas dan tembakau.

Kopi Arabika Java, Ijen Raung
Rasa pedas dengan aroma bunga hutan menjadi ciri khas kopi arabika java ini. Kopi arabika java memiliki tingkat keasaman yang sedang. Tal seperti kopi lainnya yang rasa asamnya terasa seperti citrus, rasa asam kopi Ijen lebih cenderung ke asam Jawa.

Kopi Toraja
Kopi arabika dari Tanah Toraja memiliki tingkat keasaman yang rendah dan aroma harum yang menyengat. Kopi ini juga memiliki sensasi pahit pada tegukan pertama. Namun, rasa pahit tersebut perlahan akan hilang dan tidak meninggalkan rasa pahit setelahnya. Banyak orang di Amerika dan Jepang yang gemar meminum kopi ini.

Kopi Luwak
Kopi luwak terhitung sebagai deretan jenis kopi Indonesia yang mendunia. Kopi ini berasal dari biki kopi matang optimum yang dimakna oleh hewan sejenis musang yaitu luwak. Kemudian, dicerna dan dikeluarkan kembali dalam bentuk kotoran.
Dengan rasa yang tidak begitu pahit maupun asam, serta aroma yang lebih harum menjadikan jenis kopi ini memiliki banyak peminat.

 

Reporter : Patrik Cahyo Lumintu 

Editor : Alim

Berita Terbaru