Peresmian gedung ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, di halaman depan Gedung At Ta’awun Tower, Sabtu (09/3/24). INPhoto/Humas UM Surabaya

SURABAYA, iNFONews.ID - Universitas Muhammadiyah Surabaya atau UM Surabaya meresmikan Gedung At Ta’awun Tower dan Groundbreaking RSGM di Milad 40 Tahun Kampus, Sabtu (09/3/24).

Peresmian gedung kampus tertinggi di Jawa Timur dan groundbreaking ini dilakukan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir, didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

Turut hadir pula Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Rektor UM Surabaya Sukadiono dan jajaran penting lainnya.

Peresmian gedung tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah yang berlangsung di halaman depan Gedung At Taawun Tower UM Surabaya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haidar Nashir mengatakan, perjalanan Muhammadiyah dalam masa depan untuk pengembangan ilmu kesehatan dan pendidikan.

Dunia pendidikan dan kesehatan menjadi satu kesatuan yang terus disegerakkan untuk menjadi langkah dan amal usaha yang unggul berkemajuan sebagaimana amanat Muktamar.

“Saya yakin Muhammadiyah mampu mencari titik temu untuk pengembangan ilmu kesehatan dan juga dunia pendidikan,” terangnya.

Ia yakin Muhamadiyah ke depannya akan terus mampu menjadi pilar strategis yang ikut menentukan perjalanan bangsa agar Indonesia menjadi bangsa yang cerdas, sehat dan berakhlaku mulia.

Menurutnya, lompatan-lompatan UM Surabaya di bidang pendidikan tidak terlepas dari perpaduan transformasi individual personal dan transformasi institusional.

“Orang -orang Muhammadiyah DNA nya sudah melekat jujur amanah dapat dipercaya, kerja keras tapi juga rasional dan punya kesadaran yang tinggi ini adalah modal kita,” imbuh Haidar lagi.

Ia mengatakan kemajuan Muhammadiyah di bidang pendidikan merupakan ciri karakter Muhammadiyah dalam kepribadian Muhammadiyah yang selalu adaptif.

Sementara itu, Sukadiono dalam sambutannya menjelaskan, UM Surabaya berdiri tanggal 9 Maret 1984.

“Jadi hari ini, 9 Maret 2024, UM Surabaya tepat berusia 40 tahun. Di usia 40 tahun ini, sebagai hadiah Milad UM Surabaya, maka kami meresmikan gedung baru kami,” ujar Suko.

Suko meyakini, gedung ini menjadi salah satu gedung tertinggi yang dimiliki universitas negeri maupun swasta, di Jawa Timur.

Suko menjelaskan Gedung 23 lantai tersebut merupakan kelanjutan gedung At-Tauhid Tower yang diresmikan Wakil Presiden saat Sidang Tanwir Aisyiyah pertama.

Menurutnya pada periode ini, UM Surabaya mengembangkan fakultas baru di bidang kesehatan yaitu Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Fakultas ini sudah ada izinnya dan sudah menerima mahasiswa angkatan pertama periode 2023-2024.

Suko mengatakan Gedung At Ta’awun Tower dan Groundbreaking RSGM menjadi sebuah lompatan besar UM Surabaya pada bidang kemajuan lembaga pendidikan tinggi Muhammadiyah secara nasional di usianya yang ke 40 tahun.

Gedung yang akan menjadi pusat Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi tersebut harapannya akan menjadi penegas kemajuan akademik di bidang kesehatan yang ditunjang dengan kemajuan fasilitas yang beragam dan memadai bagi perkembangan UM Surabaya ke depan.

Editor : Alim

Berita Terbaru