BRI memberikan beasiswa kepada mahasiswa STIKES YRSDS. INPHoto/Dok BRI

SURABAYA, iNFONews.ID - Masalah ekonomi kerap menjadi tantangan bagi mahasiswa. Seperti yang dialami oleh Safira Jasmine Ayu Prananda Putri.

Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya (STIKES YRSDS) ini sempat berhenti kuliah, bahkan terpaksa bekerja.

Safira sempat berhenti kuliah selama satu tahun saat berada di semester V. Hal ini disebabkan oleh meninggalnya ayahnya ketika Safira masih TK, dan PHK yang dialami ibunya saat pandemi Covid-19.

Untuk membantu keluarganya, Safira bekerja sebagai sales susu berkeliling, karyawan di bisnis kuliner, dan SPG di salah satu mall di Surabaya.

Beruntung, berkat dorongan dan usaha dari kampus, Safira mendapatkan beasiswa BRI. Dengan adanya beasiswa ini, Safira dapat melanjutkan studinya meskipun sebelumnya ia menghadapi masalah ekonomi yang hampir membuatnya berhenti kuliah.

"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bank BRI, karena telah membantu dia melanjutkan perkuliahan dan mencapai cita-citanya menjadi tenaga kesehatan," ucapnya usai seremoni pemberian beasiswa kepada mahasiswa STIKES RS Dr Soetomo Surabaya dilakukan secara simbolis pada tanggal 19 Februari 2024, di kampus STIKES RS Dr. Soetomo, Jalan Kalidami Surabaya.

BRI melalui Branch Office (BO) Jemursari menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya (STIKES YRSDS).

Pemberian beasiswa oleh BRI Regional Office Surabaya itu guna memperkuat hubungan kemitraan dengan kalangan akademis.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua STIKES YRSDS, drg. Widi Astuti, M. Kes, Pimpinan Cabang BRI Jemursari, Fenny Amalo, Funding Transaction Manager, Relationship Manager Funding Transaction, serta sejumlah staff Stikes dan mahasiswa penerima beasiswa.

Menurut Branch Manager BRI Jemursari, Fenny Amalo, ini adalah kali pertama BRI memberikan beasiswa kepada mahasiswa STIKES YRSDS, meskipun kerjasama antara BRI dan STIKES YRSDS sudah berlangsung lama.

STIKES YRSDS merupakan mitra bisnis BRI RO Surabaya melalui BRI BO Jemursari. Hal ini terlihat dari penggunaan BRI sebagai metode pembayaran gaji pimpinan dan karyawan STIKES YRSDS, pembayaran SPP mahasiswa, serta pembayaran di Koperasi STIKES.

Fenny mengatakan, pemberian beasiswa ini dilakukan sebagai upaya untuk mempererat kerjasama antara BRI dan STIKES RS dr Soetomo, serta sebagai bentuk kepedulian BRI terhadap lingkungan sosial.

"Beasiswa ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa kurang mampu melalui bantuan biaya kuliah dalam bentuk tabungan BRItama. Jumlah beasiswa yang diberikan kepada 5 mahasiswa adalah sebesar Rp30.500.000," terangnya.

Fenny berharap, pemberian beasiswa ini akan memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam meningkatkan motivasi belajar, keterampilan, dan pengetahuan mereka. Dengan demikian, setelah lulus dari STIKES YRSDS, mahasiswa dapat berkontribusi pada bangsa dan negara.

Selain itu, pemberian beasiswa ini juga bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan literasi keuangan di kalangan anak muda. BRI telah memiliki super apps, BRImo, yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi, termasuk oleh kalangan mahasiswa," ungkap Fenny.

 

Editor : Alim

Berita Terbaru