East Java Fashion Harmony (EJFH) 2023, di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Pasuruan (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Pasuruan - Di gelaran East Java Fashion Harmony (EJFH) 2023, di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Kabupaten Pasuruan, yang dibuka oleh Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berlangsung semarak, Jum'at (3/11/2023) malam.

Di sesi tampilan Ivan Gunawan, Andina Julie dan Nadio Tjoa membuat penonton terhipnotis, yang dibuktikan dengan ramainya teriakan bersamaan.

Untuk diketahui ivent itu, adalah agenda tahunan guna mempromosikan wastra (kain) warisan budaya daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

Hadir di acara itu, Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin; Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf RI Restog Krisna Kusuma; Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto; Ketua Dekranasda Kota Pasuruan, Fatma Saifullah Yusuf dan undangan lainnya. Keseluruhan peragaan busana, total sebanyak 41 model profesional memeragakan beragam busana batik dan tenun karya delapan desainer terkemuka.

Para pembuat busana itu terdiri dari lima orang desainer terpilih yang lolos uji kompetensi, serta memiliki sertifikasi profesi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Mereka adalah Enricho Ho, Indarti, dan Olivia Gondoputranto asal Kota Surabaya.

Kemudian Chrisna Christiana asal Kabupaten Nganjuk dan Amuszacky Fahim Kabupaten Banyuwangi. Juga turut ditampilkan guest desainner ada Elfa Fauqo dan Arinda Nurma dari Surabaya.

Termasuk, Ivan Gunawan dari Jakarta yang menjadi sorotan dalam panggung megah East Java Fashion Harmoni 2023. Ada juga sejumlah desainer juga berkolaborasi dengan 12 wastra terpilih yang menampilkan produk lokal Jatim dalam merancang busana untuk dipamerkan dalam event ini.

Dari semua desainer dan model yang tampil, penonton menunggu-nunggu seorang Ivan Gunawan yang hadir dengan membawa dua model sekaligus pemenang kontes kecantikan dunia. Yakni Nadia Tjoa, pemenang Miss Miss Face of Humanity 2022 dan Andina Julie, 2nd Runner Up Miss Grand International 2022.

"Terima kasih Pasuruan. Terima kasih Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur," teriak Ivan Gunawan kepada undangan dan penonton yang hadir.

Dalam sambutannya, Wagub Emil mengaku optimis Wastra Batik dan Tenun asal Jatim yang ditampilkan pada event EJFH akan semakin dikenal dan mendunia. Disebut, karena Tenun dan Batik merupakan komposisi yang unik dalam dunia fashion dimana kekuatan yang muncul dari perbedaan motif menjadikan warna baru dalam hal sebuah kreasi busana.

"Konsep EJFH tahun 2023 ini banyak menampilkan kain-kain eksotik serta karya-karya yang dihasilkan oleh para perajin asli Jatim. Saya optimis lewat EJFH ini Batik dan Tenun Jatim semakin mendunia," terang Emil. (inf/net/tji/red)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru