Irjen Pol Nico Afinta saat memberikan keterangan kepada wartawan (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Surabaya - Puluhan orang anggota jamaah Khilafatul Muslimin Surabaya Raya mengucapkan Ikrar Setia Kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), acara itu terangkai dalam 'Deklarasi Kebangsaan' yang di gelar di Gedung Barat Balai Pemuda Surabaya, Kamis (30/6/2022).

Prosesi acara itu, disaksikan langsung oleh Forkopimda. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa diwakili oleh Asisten I Benny Sampirwanto, dan menyampaikan apresiasi atas digelarnya acara tersebut.

Jajaran Forkopimda yang hadir, yakni Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Nurchahyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar.

Juga hadir Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jatim, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jatim, Perwakilan dari Pemkot Surabaya, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pembukaan acara, diawali oleh sambutan Direktur Intelijen dan Keamanan (Dir Intelkam) Polda Jatim, Kombes Pol Dekananto Eko Purwono.

Selanjutnya, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta juga memberikan apresiasi atas digelarnya acara tersebut.

"Saya mengucapkan terimakasih atas kekompakan Forkopimda, dan alim ulama yang melakukan komunikasi. Melakukan pencerahan dan kebersamaan kemudian saudara-saudara kita berikrar tetap setia pada Pancasila dan NKRI. Mudah mudahan ini bisa membawa hal positif pada saudara kita yang lainnya," kata Irjen Pol Nico Afinta.

Irjen Nico menegaskan, NKRI merupakan wujud musyawarah dan mufakat dari para pendiri bangsa, dan tegaknya NKRI harus dijaga bersama-sama.

"Pancasila dan UUD 45 menjadi filosofi adalah pedoman kita, kemudian gotong royong mengisi dengan semua komponen yang ada," lanjutnya.

Sementara, Khoiri Hidayat salah seorang warga Khilafatul Muslimin menyampaikan, deklarasi kebangsaan itu guna menepis kabar miring siasat makar warga Khilafatul Muslimin.

"Khilafatul Muslimin tetap menjunjung tinggi ideologi Pancasila, UUD 1945 dan NKRI," tegasnya.

Pihaknya juga ingin membuktikan Khilafatul Muslimin bukan negara, jamaah bukan ideologi tapi ajaran

"Sampean dengarkan sendiri deklarasinya, kami NKRI, kami menjunjung tinggi asas Pancasila dan Undang Undang Dasar 45. Warga dimana-mana menjunjung aturan negara. Khilafah ini melaksanakan ajaran Islam pingin negara kami diberkahi Allah, semoga dengan bertaqwanya kita semua, Allah memberkahi," urai Khoiri Hidayat.

Usai pembacaan Deklarasi Setia pada Pancasila dan NKRI, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti kesetiaan. Kemudian, bersama-sama menyanyikan lagu Padamu Negeri. (inf/tji)

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru