JAKARTA, iNFONews.ID - PT PLN Nusantara Power (PLN NP), berhasil meraih penghargaan "7th Indonesia Top Digital PR Award 2025" dalam kategori Special Achievement for Subsidiary BUMN. Penghargaan diberikan berdasarkan penilaian komprehensif terhadap strategi dan kinerja komunikasi digital perusahaan. PLN NP berhasil mencatatkan skor impresif sebesar 90,99 Poin dalam penilaian yang dilakukan dari bulan Maret hingga Mei 2025.
Baca juga: PLN Nusantara Power Wujudkan Inovasi Tirta Turatea, Desa Punagaya Bebas Krisis Air Bersih
Penghargaan dari TRAS N CO Indonesia bekerja sama dengan INFOEKONOMI.ID pada Kamis (26/6) ini menjadi cerminan dari keberhasilan PLN NP dalam membangun dan menjaga reputasi digital yang kuat serta menjalin keterlibatan yang erat dengan para pemangku kepentingan.
Keunggulan reputasi digital perusahaan didukung oleh serangkaian metrik kinerja yang mumpuni. Tercatat lebih dari 54 ribu ulasan terkait perusahaan di internet, menunjukkan tingkat interaksi dan persepsi publik yang signifikan. Selain itu, sekitar 6 ribu warganet secara aktif mencari informasi terkait perusahaan setiap bulannya. Ini mengindikasikan tingginya minat dan kesadaran publik terhadap PLN Nusantara Power.
Kehadiran perusahaan di ranah media daring juga sangat menonjol. Lebih dari 23 ribu pemberitaan beredar di berbagai media online, yang menegaskan luasnya jangkauan dan visibilitas komunikasi perusahaan. Angka-angka ini secara langsung mencerminkan keberhasilan dalam aspek Media Digital, Sentimen Digital, dan Kesadaran Digital, yang merupakan parameter utama dalam penilaian penghargaan ini.
Direktur Utama PT PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah, menyampaikan apresiasinya atas pencapaian ini. "Penghargaan ini adalah bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras seluruh tim PLN Nusantara Power dalam mengimplementasikan strategi komunikasi digital yang relevan, terukur, dan humanis," ujar Ruly.
Baca juga: Laba Asosiasi PLN Nusantara Power Catat Rekor Tertinggi
Ia menambahkan, "Di era keterbukaan informasi digital saat ini, kemampuan untuk membangun narasi positif dan mempertahankan kepercayaan masyarakat adalah kunci. Pencapaian ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi kami, tetapi juga memvalidasi langkah strategis kami dalam menjadi bagian integral dari 'Digital Moonshots' PLN Group untuk menjadi 'Global Digital Lighthouse'. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam komunikasi digital demi melayani masyarakat dan mendukung transformasi energi nasional."
Keberhasilan dalam komunikasi digital tak lepas dari peran strategis PLN NP sebagai tulang punggung ketahanan energi Indonesia. Perusahaan yang mengelola lebih dari 23.000 MW pembangkit listrik ini memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga pasokan listrik yang andal di seluruh negeri. Dengan skala operasi yang masif dan dampak langsung terhadap jutaan kehidupan, pengelolaan reputasi digital yang mumpuni sangatlah penting untuk menginformasikan, melibatkan, dan membangun kepercayaan di antara beragam pemangku kepentingan.
Baca juga: DirMKit PLN Apresiasi Inovasi Green Hydrogen dan Advance Workshop UMRO
Penghargaan pada ranah reputasi digital menegaskan kemampuan PLN NP dalam mengelola persepsi publik secara efektif pada lanskap komunikasi yang makin kompleks. Ke depan, PLN NP akan terus menjaga komitmennya untuk menghadirkan komunikasi yang terbuka, informatif, dan inspiratif bagi seluruh pemangku kepentingan. Prestasi ini menjadi motivasi untuk terus menyampaikan energi positif bukan hanya lewat listrik, tapi juga melalui narasi yang membangun kepercayaan.(*)
Editor : Tudji Martudji